Sukses

Health

Makanan ini Bisa Menjadi Solusi Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Fimela.com, Jakarta Para orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk bayi meraka. Membesarkan anak-anak yang cerdas tentunya merupakan impian setiap orangtua. Ternyata asupan untuk ibu menyusui bisa membuat bayi kita cerdas lho!

ASI atau air susu ibu, tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi, seperti mengurangi resiko bayi terkena infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, atau juga buang air besar. 

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi sejak masa kehamilan dan menyusui, ternyata dapat membuat otak bayi tiga kali lipat beratnya dan dapat mengembangkan 1000 triliun koneksi pada sarafnya. Proses menyusui juga ternyata dtpay menjadi konektor antara hubungan bayi dengan sang ibu. Beberapa peneliti juga mengatakan bahwa anak-anak yang diberikan ASI memiliki tingkat kecerdasan (Intelligence Quotient/IQ) yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa makanan Ibu menyusui agar bayi cerdas.

 

1. Daging

Daging Mempunyai kandungan protein berguna untuk membentuk jaringan saraf dan otaknya. Menurut penelitian, asupan protein yang cukup dari ASI berperan penting dalam pertumbuhan otak bayi yang akan mendukung kecerdasannya kelak. Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber protein adalah telur, daging tanpa lemak, ikan, produk olahan susu, kacang-kacangan atau biji-bijian, dan gandum utuh.

2. Ikan yang berminyak

Didalam kandungan ikan yang berminyak terdapat lemak sehat yang mengandung omega-3. Omega 3 dapat membantu perkembangan otak! Lemak sangat penting dan membantu otak untuk tumbuh. Lemak tidak boleh dibatasi dalam makanan bayi atau balita. DHA yang ditemukan dalam asam lemak omega 3 adalah salah satu blok bangunan utama otak. Asupan ikan selama menyusui juga membantu meningkatkan DHA dalam ASI yang diteruskan.

3. Susu dan Keju

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, serta sayuran berwarna hijau merupakan sumber kalsium yang baik. Susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk bayi yang sedeang menyusui. Makanan lainnya yang juga tinggi kalsium adalah tahu, tempe, susu kedelai, serta jus atau sereal yang sudah diberi tambahan kalsium. Dalam keju juga terdapat vitamin D yang sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi, juga disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui. Pastikan untuk menambah dosis keju yang dikonsumsi.

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading