Sukses

Parenting

Pentingnya Mengonsumsi Omega-3 bagi Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua baru, pemikiran untuk bertanggung jawab atas kehidupan bayi bisa membuat kamu sangat kewalahan, terutama pada masa awal kehidupannya. Hal ini sangat normal terjadi pada ibu menyusui karena nutrisi yang diperoleh bayi berasal langsung dari ASI-nya. 

Kandungan nutrisi ASI dari ibu yang menyusui dipengaruhi dari makanan yang dirinya konsumsi. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan kamu mengonsumsi apa yang kamu butuhkan saat menyusui. 

Makanan yang kamu konsumsi harus bergizi seimbang untuk menyediakan energi yang cukup untuk produksi ASI dan harus mengandung nutrisi yang kamu dan bayimu butuhkan ketika menyusui. Dalam hal ini, salah satu kandungan nutrisi yang penting bagi perkembangan bayi selama menyusui adalah Omega-3.

Omega-3 yang didapat bayi dari ASI akan berkontribusi besar bagi pertumbuhannya, terutama tumbuh kembang otaknya. Selain itu, terdapat pula manfaat-manfaat lainnya dari Omega-3 bagi ibu menyusui dan bayinya. 

Fimela.com telah melansir berbagai sumber terkait manfaat dan cara meningkatkan kandungan Omega-3 dalam ASI. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Manfaat Omega-3 bagi Bayi

Melansir laman WebMD, Omega-3 bagi ibu menyusui dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol berbahaya, meredakan peradangan, dan juga memberikan sejumlah efek menguntungkan lainnya, antara lain: 

1. Mendukung kesehatan otak

Omega-3 adalah salah satu nutrisi yang bermanfaat bagi otak dan saraf. Bagi bayi, omega-3 bisa dibilang lebih penting karena pikiran dan tubuh bayi berkembang pesat, sehingga nutrisi optimal pada tahap ini sangat penting. 

Diketahui bahwa asupan omega-3 dapat menjaga fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta mengurangi risiko penyakit otak seperti demensia dan Alzheimer. 

Lebih dari 60% otak terdiri dari lemak dan bahan lemak terdiri dari kandungan Docosahexaenoic acid (DHA) yang merupakan untaian panjang asam lemak omega-3. Maka dari itu, telah terbukti secara ilmiah bahwa semakin banyak omega-3 yang dimiliki bayi di dalam otaknya, semakin baik pula perkembangan neuron dalam otaknya. 

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Omega-3 adalah salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, baik bagi ibu maupun bagi bayi. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih tahan terhadap bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit. 

3. Meningkatkan kekuatan tulang dan sendi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat omega-3 adalah dapat meningkatkan kekuatan tulang. Maka dari itu, omega-3 juga dapat mencegah osteoporosis sejak dini, terutama bagi ibu menyusui. Omega-3 juga memiliki efek anti-inflamasi yang membantu mencegah dan mengatasi nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis. 

4. Menghindari alergi dan gangguan perilaku

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bayi yang ibunya sering mengonsumsi minyak omega-3 dari ikan memiliki tingkat alergi yang lebih rendah. Selain itu, bayi yang selalu menerima omega-3 dari ASI cenderung tak mengalami gangguan perilaku di kemudian hari, karena omega-3 berfungsi melindungi bayi dari disfungsi otak seperti ADHD ataupun autisme. 

Cara Meningkatkan Kandungan Omega-3 dalam ASI

Demi meningkatkan kandungan omega-3 dalam ASI, kamu bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen minyak ikan berkualitas tinggi. Namun, coba konsultasikan dahulu kepada dokter, jika kamu atau bayimu memiliki alergi terhadap ikan. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara alami, yakni mengonsumsi ikan yang mengandung banyak nutrisi dan kandungan omega-3. Melansir laman Klikdokter.com, ikan salmon, ikan makarel, tiram, dan ikan teri merupakan ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi dan baik dikonsumsi bagi ibu menyusui. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi oleh Ibu Menyusui untuk Perkembangan Otak Bayi
Artikel Selanjutnya
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan oleh Ibu Menyusui dalam Mengonsumsi Makanan agar Bayi Cerdas