Sukses

Health

Aurel Hermansyah Melahirkan Secara Caesar, Berapa Lama Proses Penyembuhannya?

Fimela.com, Jakarta Aurel Hermansyah melahirkan anak pertamanya hari ini (22/2/2022) di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat. Anak pertama yang lahir di tanggal cantik itu berjenis kelamin perempuan.

Anak Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar dilahirkan dalam keadaan sehat melalui proses caesar. Sebelumnya, metode persalinan ini sempat hangat diperbincangkan lantaran ayah Atta Halilintar meminta Aurel untuk tidak melakukan proses persalinan secara caesar.

Proses persalinan secara caesar sendiri dipilih berdasarkan beberapa faktor. Ketika seorang ibu memilih untuk melahirkan secara caesar, seperti Aurel Hermansyah, butuh ekstra perhatian dan waktu penyembuhan yang lebih lama dibandingkan proses melahirkan secara normal.

 

Lamanya proses penyembuhan caesar

Dikutip dari Cleveland Clinic, dr. Erin Higgins, MD menjelaskan secara umum butuh waktu sekitar enam minggu bagi ibu yang melahirkan melalui proses caesar. Namun setiap orang memiliki waktu penyembuhan yang berbeda-beda. Di bagian sayatan, bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk sembuh.

Selama proses penyembuhan luka, disarankan untuk tidak mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bayi. Tidak dianjurkan juga untuk melakukan hubungan seks atau berpartisipasi dalam olahraga berat.

 

Metode ERACS

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia kedokteran, kini hadir metode caesar yang membutuhkan pemulihan lebih cepat. Disebut ERACS atau Enchanced Recovery After Caesarean Surgery.

Dalam keterangannya, RSIA Bunda menjelaskan bahwa metode ERACS ini memungkinkan ibu bisa berdiri dalam satu sampai dua jam setelah proses persalinan. Padahal dalam operasi caesar pada umumnya, ibu baru bisa berdiri setelah 1x24 jam.

Selain bisa duduk dan berdiri, RS Bunda juga menjelaskan jika pasien sudah bisa makan dan minum dalam 2 jam setelah operasi. Lalu sudah bisa lepas kateter dan bisa ke kamar mandi sendiri dalam 6-8 jam setelah operasi.

Simak video berikut ini

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading