Sukses

Health

Cegah Stres Hingga Penyakit Jantung, Ini Manfaat Liburan untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sesibuk apapun aktivitas kita di tempat kerja atau di rumah, sesekali kita tetap perlu merefres pikiran dengan melakukan liburan. Melalui liburan kita bisa mendapatkan semangat baru. Kita juga bisa belajar banyak hal baru di luar rumah hingga mencegah risiko stres, depresi bahkan risiko penyakit jantung. 

Liburan pada dasarnya bisa dilakukan sendiri, bersama pasangan atau bersama keluarga. Melansir dari laman dumblittleman.com, selain mampu mencegah stres dan depresi. Liburan juga memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Liburan Untuk Kesehatan

1. Mencegah dan Mengurangi Stres

Manfaat pertama dari liburan adalah mencegah dan mengurangi stres. Pekerjaan yang menguras pikiran serta tenaga seringkali membuat kita merasa stres. Belum lagi ditambah adanya pekerjaan rumah yang terus ada setiap harinya tidak jarang membuat kita merasa sangat lelah secara fisik pun psikis. Agar pikiran kembali semangat dan stres sedikit berkurang, liburan bisa menjadi solusinya. 

2. Meredakan Rasa Cemas Berlebih

Studi menemukan jika liburan bermanfaat meredakan masalah kecemasan. Rasa cemas yang berlebihan akan membuat suasana hati seseorang tidak nyaman. Cemas berlebih bahkan bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami depresi dan ketakutan pada hal-hal yang seharusnya tak membuat takut.

Liburan bisa membuat pikiran lebih santai dan nyaman, saat pikiran santai, ini akan mencegah rasa cemas. Selain mencegah serta meredakan rasa cemas, liburan juga bermanfaat meningkatkan kepuasan tersendiri dalam hidup.

3. Meningkatkan Produktivitas

Pikiran yang tenang dan bahagia setelah liburan bisa membuat seseorang menjadi lebih semangat. Ini juga bisa meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan atau urusan rumah. Pikiran yang semangat akan membuat segala aktivitas terasa menyenangkan sekaligus mengesankan. 

4. Menyehatkan Tulang dan Fisik Secara Keseluruhan

Saat liburan seseorang akan memiliki aktivitas fisik yang cukup banyak. Saat seseorang memilih liburan ke pantai atau gunung, ini akan membuat seseorang memiliki gerak tubuh yang lebih banyak dengan berjalan. Aktivitas fisik yang cukup inilah yang membuat seseorang memiliki tulang dan fisik keseluruhan yang lebih sehat. 

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mereka yang memiliki liburan cukup dan merasa puas serta bahagia setelah liburan akan memiliki kesehatan yang lebih baik. Pikiran bahagia juga akan menurunkan risiko penyakit jantung pun penyakit mematikan lainnya. 

Itulah beberapa manfaat liburan untuk kesehatan tubuh. Sesibuk apapun pekerjaanmu, ketika ada waktu luang walau sedikit saja, sebaiknya gunakan dengan baik untuk liburan atau sekedar bercengkerama bersama keluarga dan lupakan sejenak pekerjaan pun masalah-masalah yang menyebabkan pikiran stres. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading