Sukses

Health

5 Penyebab Seluruh Badan Gatal Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Ketika mengalami seluruh badan gatal-gatal, tentu saja anak-anak tidak akan merasa nyaman saat beraktivitas. Kondisi ini juga bisa membuat anak menjadi rewel. Penyebab seluruh badan gatal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah alergi.

Penyebab seluruh badan gatal bisa menyebabkan gejala muncul ruam di kulit anak, demam dan bisa membuah sistem pernapasan menjadi terganggu. Seluruh badan gatal ini adalah reaksi alergi, saat kulit anak terkena penyebab alergi. Tetapi kondisi ini juga bisa disebabkan karena adanya penyakit kulit.

Karena sistem imunitas pada tubuh anak masih dalam masa pertumbuhan dan belum sempurna, maka akan sangat mudah bagi anak terkena reaksi alergi, dan menyebabkan seluruh badan gatal. Sahabat Fimela tak perlu khawatir saat anak mengalami kondisi ini. Kondisi ini dapat diatasi dengan mudah. Berikut penyebab seluruh badan gatal pada anak, dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Seluruh Badan Gatal

1. Kondisi Kulit Kering

Penyebab seluruh badan gatal yang pertama, yaitu karena kondisi kulit kering. Kulit kering bisa didapatkan karena faktor keturunan. Jika orang tua memiliki kulit kering, maka jenis kulit anak akan kering. Kulit yang kering dapat menyebabkan gatal di seluruh badan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pelembap atau lotion khusus untuk melembapkan kulit anak-anak.

2. Reaksi Alergi

Saat badan terasa gatal, maka tubuh sedang mengeluarkan reaksi terhadap alergi. Faktor pemicu alergi yang paling sering terjadi adalah melalui udara. Pemicu alergi yang ada di udara seperti tungau, serbuk sari tumbuhan, jamur, debu dan bulu hewan bisa mengenai kulit dan menyebabkan ruam di sekitar kulit anak.

3. Alergi Makanan

Tak hanya alergi terhadap udara. Salah mengonsumsi makanan penyebab alergi juga bisa menyebabkan seluruh badan gatal. Bahkan alergi makanan juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, hingga sesak napas. Makanan penyebab alergi biasanya terdapat pada makanan laut, makanan yang tidak bersih, dan makanan yang belum matang.

Penyebab Seluruh Badan Gatal

4. Terkena Bahan Kimia

Penyebab seluruh badan gatal juga bisa disebabkan karena terkena bahan kimia. Karena kulit anak lebih sensitif daripada orang dewasa, maka bersentuhan dengan bahan kimia bisa menyebabkan ruam dan gatal-gatal. Bahan kimia bisa ditemukan pada produk sampo atau sabun mandi yang digunakan oleh anak. Sebaiknya gunakan produk untuk anak yang bebas alkohol, parfum dan paraben.

5. Jarang Mandi

Agar tidak mengalami seluruh badan gatal, sebaiknya anak harus rajin mandi minimal 2 kali sehari. Karena anak-anak senang melakukan aktivitas, sehingga ada banyak sekali keringat yang mengandung kotoran dan menempel di tubuh. Jika keringat tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan reaksi gatal pada anak.

Cara Mengatasi Seluruh Badan Gatal

1. Membersihkan Ruangan

Cara mengatasi seluruh badan gatal yang pertama adalah dengan rutin membersihkan ruangan, terutama ruangan yang sering digunakan untuk anak bermain dan tidur. Hal ini dilakukan agar udara yang ada di ruangan terbebas dari kuman, debu dan kotoran penyebab alergi. Mom juga harus menjaga kondisi ruangan tersebut, agar suhunya tidak lembap dan bebas dari debu. Karena ruangan lembap dan kotoran adalah sasaran tepat untuk kutu dan jamur berkembang biak.

2. Mengonsumsi Obat

Saat anak terkena reaksi alergi dan mengalami seluruh badan gatal, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter. Agar dokter dapat segera memberikan obat-obatan khusus, untuk menyembuhkan alergi yang dialami si Kecil. Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin yang dijual bebas, antihistamin resep atau epinefrin, atau lotion dan bedak pengurang gatal.

3. Rutin Mengganti Pakaian

Untuk mengatasi seluruh badan gatal, sebaiknya rutin mengganti pakaian pada anak. Karena anak sangat aktif, maka akan mudah berkeringat. Keringat bisa memicu munculnya alergi di kulit. Usahakan untuk segera mencuci pakaian anak yang kotor, agar tidak tumbuh jamur di pakaian. Serta gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat untuk anak, agar kulit bisa bernapas dan nyaman untuk digunakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading