Sukses

Health

15 Penyebab Payudara Gatal dan Mengelupas yang Perlu Kamu Waspadai

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita akan merakan beberapa bagian tubuh kita terasa gatal yang tak karuan, mungkin saat kamu merasa gatal di bagian lengan maupun kaki masih bisa di garuk. Tetapi bagaimana jika kamu merasakan gatal di bagian payudara? Apakah kamu akan menggaruknya langsung?

Gatal pada payudara tentu akan membuat kita tidak nyaman, apalagi saat kita mengalaminya berada di tempat umum pasti tidak mudah bagi kita untuk menggaruknya. Gatal yang kita rasakan mungkin hasil dari peradangan atau rangsangan saraf di kulit, karena kekeringan maupun reaksi alergi.  

Meskipun terkadang gatal pada payudara tak perlu kamu khawatirkan tetapi hal ini juga dapat menjadi masalah yang cukup serius pada kesehatan tubuh kita, terutama jika kamu merasakan gatal yang disertai gejala lainnya seperti mengelupas. Untuk itu cari tahu apa saja penyebab gatal payudara dan mengelupa di bawah ini:

1. Jarang Mencuci Bra

Mungkin kamu salah satu orang yang jarang mencuci bra, bahkah terkadang menggunakan bra untuk jangka waktu yang cukup lama 2-3 hari. Hal ini mungkin dikarenakan kamu lebih menyukai dan nyaman menggunakan bra tersebut, sayangnya hal ini justru membuat masalah dalam payudara.

2. Tidak Cocok dengan Bahan Bra

Bra yang kamu gunakan memiliki banyak jenis kain yang sangat berbeda, mulai sutra, renda, hingga katun. Terkadang beberapa jenis kain untuk bra yang kamu gunakan dapat mengiritasi payudara kamu. Salah satu kain yang dapat mengiritasi payudara kamu adalah polyester dan lateks, apalagi jika kamu memiliki kulit yang cukup sensitif.

3. Mengalami Gesekan

Jika kamu sedang bersantai dan tidak menggunakan bra, biasanya akan mengalami gesekan pada baju yang kamu gunakan. Pakaian maupun bra yang kamu gunakan akan mengalami gesekan dengan kulit dan dapat menyebabkan luka kecil yang akan menyebabkan gatal bahkan nyeri. Tak hanya itu gerakan yang kamu lakukan juga akan menjadi salah satu penyebabnya, terutama saat kamu berlari.

4. Kulit Teriritasi Karena Paparan Sinar Matahari

Ternyata hal ini juga dapat menjadi penyebab yang dapat kamu rasakan, jika akhir-akhir ini kamu sering bertelanjang dada saat di luar ruangan mungkin dapat menjadi masalahnya. Kulit payudara yang sesitif akan mudah terbakar, terutama jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu hal ini juga memiliki efek samping seperti pengelupasan, paparan sinar matahari tentu akan menyebabkan rasa gatal yang hebat karena iritasi kulit.

5. Mengalami Ruam Panas

Selain itu, ruam panas pada dada juga akan menyebabkan payudara yang gatal. Saat payudara kamu menjadi panas atau berkeringat, maka kulit payudara akan menjadi iritasi, merah, maupun gatal.

6. Reaksi Alergi

Selanjutnya reaksi alergi yang kamu rasakan pada payudara gatal juga dapat disebabkan oleh parfum, detergen, sprei, sabun, maupun lainnya. Dermatitis kontak merupakan reaksi alergi atau iritasi yang terjadi ketika kulit kamu terpapar sesuatu yang tidak disukainya, terutama akan menyebabkan gatal. Terkadang akan beberapa parfum maupun wangi yang dikeluarkan dari detergen yang kamu gunakan akan menyebabkan dermatitis kontak, jika kamu emmiliki masalah kulit sensitif.

7. Memiliki Kulit Kering

Ternyata kulit kering juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya payudara gatal, tentu saat kamu memiliki kulit yang kering dibagian tubuh manapun akan merasakan gatal.

Hal ini akan menjadi sebuah masalah jika musim dingin karena kulit kamu akan cenderung menjadi lebih keirng dari biasanya, tentu kamu harus mempertahankan kelembabpannya dengan menggunakan lotion.

8. Menderita Psoriasis

Ada banyak sekali jenis psoriasis, tapi psoriasis plak merupakan paling umum dan kerap terjadi. Kondisi ini terkadang akan membuat sistem kekebalan tubuh kamu yang menyebabkan sel-sel kulti menumpuk dan membentuk bercak kering, bersisik, maupun gatal padahal psoriasis plak akan terjadi pada bagian kulit kepala, siku, lutu, dan punggung bawah. Sayangnya, masalah ini juga akan terjadi pada bagian payudara yang menyebabkan rasa gatal.

9. Sedang Hamil, Melahirkan, atau Menyusui

Jika kamu sedang pada masa hamil, melahirkan, maupun menyusui juga akan memicu terjadinta perubahan pada payudara yang cukup besar, salah satunya yaitu payudara yang gatal maupun mengelupas.

Perubahan yang terjadi disini juga akan menimbulkan stretch mark, hal ini sangatlah wajar tapi terkadang akan membuat kamu merasa gatal. Selain itu proses menyusui juga akan menyebabkan puting menjadi kering, gatal, dan teriritasi.

10. Infeksi Jamur di Payudara

Infeksi jamur tak hanya terjadi pada bagian Miss V saja, tetapi bagian bawah payudara juga akan menyebabkan infeksi jamur. Hal ini terjadi karena kelembabpan yang dapat terperangkap di bawahnya karena area tersebut berkeringat dan akan menimbulkan tumbuhnya ragi, tentu akan memberi efek gatal pada payudara.

Tak hanya itu mungkin kamu akan mengalami gejala lainnya speerti ruam merah, benjolan seperti jerawat, rasa panas, maupun bercak kulit.

11. Menderita Eksim

Eksim merupakan kondisi kulit yang cukup kronis dan akan menyebabkan peradangan kering serta gatal yang akan menimbulkan ruam bersisik.

Selain itu hal ini juga dapat mempengarugu pada bagian lutu serta lekukan siku, dan akan mepengaruhi bagian payudara kamu. Mungkin jika kamu mengalami payudara yang cukup gatal dan jangka waktu yang lama, eksim juga dapat menjadi penyebabnya.

12. Payudara yang Tumbuh Cepat

Ternyata payudara juga akan tumbuh dengan cepat karena beberapa masalah lainnya, salah satunya jika kamu mengalami masa pubertas dan penmabahan berat badan. Ketika kulit harus meregang lebih cepat dari biasanya maka akan menimbulkan stretch mark yang akan menyebabkan peradangan serta gatal.

13. Efek Obat

Tentu saat mengonsumsi obat kita tahu efek samping obatnya, biasanya beberapa obat akan membuat kulit gatal. Jika kamu menduga bahwa efek obat dapat membuat payudara kamu gatal, maka konsultasikan dengan dokter untuk tahu apa saja penyebabnya. Mungkin sebelum kamu mengonsumsi obat tersebut tanyakan dengan dokter untuk tahu apa efek samping dari obat yang akan kamu konsumsi.

14. Menopause

Perubahan hormon yang kamu alami atau menopause (penurunan esterogen dan progesterone) juga akan menyebabkan kulit di payudara kamu akan menjadi lebih tipis. Hal ini tentu akan membuat kamu rentan terhadap gatal.

15. Penyakit Paget

Penyakit paget mungkin jarang kamu dengar karena hal ini sangat jarang terjadi. Penyakit paget pada payudara merupakan bentuk dari kanker payudara dimana sel-sel kanker akan melewati saluran payudara dan berkumpul di dalam maupun di sekitar puting. Penyakit paget juga akan memungkin kamu mengalami gatal serta kulit yang terkelupas maupun bersisik di sekita puting.

Cara Mengatasi Payudara Gatal dan Mengelupas

Cara terbaik untuk mengobati payudara yang kamu rasakan yaitu mengetahui apa penyebab payudara gatal dan mengelupas. Namun, ada beberapa cara efektif yang dapat kamu coba saat mengalami gatal dan mengelupas:

  • Ganti Pembersih : Kamu dapat mencoba mengganti pembersih payudara, jika kamu merasa sabun mandi yang kamu gunakan membuat terkelupas ada baiknya jika kamu memilih sesuatu yang sedikit lembut.
  • Pelembab Intens : Jangan lupa kulit kering pada payudara juga membutuhkan pelembab yang intens, hal ini tentu akan membantu menenangkan payudara.
  • Menenangkan Kulit dari Sinar Matahari : Jika kamu menjemur badan serta bertelanjang dada, direkomendasikan untuk mandi air dingin untuk menenangkan kulit yang terllau panas.
  • Mencoba Bra Baru : Ada baiknya jika kamu mencoba bra baru dengan bahan yang berbeda dari sebelumnya, direkomendasikan untuk beralih ke bahan alami yang dapat menyerap keringat seperti katun.

Payudara yang gatal tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi sulit bagi kita untuk menggaruknya karena payudara adalah salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif. Selain itu kamu kamu dapat mencoba rekomendasi dan beberapa cara efektif diatas untuk membantu menenangkan rasa tidak nyaman pada payudara.  

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Tepung Terigu, Bahan Dasar dan Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Mengenal Aneka Jenis Tepung Terigu Serbaguna