Sukses

Health

9 Penyebab Payudara Kendur dan Turun Sebelum Menikah

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan yang memiliki masalah dengan payudara mereka seperti kendur maupun turun, tentu hal ini akan membuat kamu kurang percaya diri. Padahal banyak perempuan yang mendambakan payudara kencang dan bulat, tapi sebagian perempuan tidak dapat mempertahankan bentuk payudara mereka.

Ternyata payudara kendur dan turun akan susah kita hindari. Pasalnya jika kamu sudah menikah dan memiliki bayi, tentu akan menyusui. Hal ini tentu akan kamu lakukan berulang kali, hal ini juuga akan hilangnya elastisitas kolagen.  

Payudara kendur dan turun merupakan salah satu dari banyak perubahan pada tubuh yang akan dialami oleh perempuan seiring bertambahnya usia. payudara perempuan terbuat dari lemak dan ligameligament kekurangan jaringan otot sehingga jumlah atau jenis beberapa latihan akan memperkuat payudara. Berikut beberapa penyebab payudara kendur dan turun yang pernah kamu alami:

1. Faktor Genetik

Beberapa perempuan juga akan mengalami payudara yang kendur selama masa pubertas. Seringkali, jenis payudara ini akan kendur ketika putting susu muncul mengarah ke bawah tanah. Bagi mereka yang menderita ptosis payudara sejak lama, mungkin akan membuat mereka kurang percaya diri dalam waktu lama.

2. Hormon

Di luar perubahan hormonal yang terjadi selama pubertas, seseorang perempuan akan memiliki banyak perubahan hormonal lainnya. Ternyata hormon sangat berpengaruh terhadap payudara yang kencang maupun kendur, hal ini juga akan membuat perubahan dalam diri kamu.

3. Menyusui

Mungkin beberapa peremouan yang sudah menikah akan mengalami hal ini, dan ini merupakan salah satu hal yang sangat umum terjadi. Selama kehamilan, payudara akan meregang untuk memberi ruang bagi adu yang akan dihasilkan dalam tubuh ketika bayi lahir. Setelah menyusui selesai mereka akan mengalami payudara mengendur.

4. Postur Tubuh yang Salah

Hal ini bukanlah sebuah mitos, jika kamu sering membungkuk sepanjang waktu mak gaya tarikan gravitasi akan memeprcepat masalah payudara kendur. Mungkin kamu tidak akan merasakannya, tetapu tarikannya terdampak pada ligamen.  

5. Penurunan Berat Badan

Ternyata banyak perempuan yang akan mengalami penurun berat badan. Payudara yang kendur diakibatkan hilangnya kolagen dalam tubuh, atau saat kamu akan memasuki masa menopause. Namun, kamu jangan khawatir karna hal ini akan terjadi pada banyak perempuan.  

6. Kurang Olahraga

Kebanyakan perempuan akan cenderung menghindari latihan tubuh pada bagian atas. Pasalnya kamu juga harus tahu bahwa olahraga yang memiliki latihan bagian atas juga tidak akan menyebabkan kendur. Justru otot payudara membutuhkan pengencangan, untuk itu kamu juga harus melakukan latihan seperti push up setidaknya dua kali seminggu.

7. Merokok

Kolagen adalah salah satu protein terpenting dalam tubuh dan juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit. Cadangan tersebut akan menipis seiring bertambah usia, jika kamu merokok maka produksinya akan terhambat lebih cepat dan berakhir memiliki payudara yang kendur.

8. Tidak Menggunakan Support Bra

Support bra yang dimaksud disini adalah tidak menggunakan bra yang sesuai dan mendukung. Bra yang kamu gunakan juga perlu melindungi payudara kamu agar kencang dan tidak kendur. Tapi kamu juga perlu mencari bra yang pas dikenakan dan tepat untuk bentuk tubuh kamu.

9. Perubahan Ukuran Payudara

Walau ditompang oleh ligament, kulit di sekitar payudara akan rentang mengalami perengangan sehingga terlihat sangat kendur. Hal ini juga akan terjadi ketika ukuran payudara kamu memiliki perubahan pada jumlah lemak di dalamnya. Perubahan jumlah lemak dalam payudara juga dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti diet dan kehamilan. Biasanya hal ini sering terjadi karena kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis.

Yang kita tahu perubahan payudara menjadi kendur setelah melalui masa kehamilan dan saat menyusui. Ternyata banyak penyebab yang dapat membuat payudara kamu menjadi kendur, seperti hormone maupun penggunaan bra yang tidak sesuai. Menjalani hidup sehat dan rajin berolahraga juga akan membuat payudara kamu menjadi kencang.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Benjolan di Payudara yang Bikin Khawatir