Sukses

Health

5 Makanan Tinggi Kolesterol Penyebab Pengentalan Darah yang Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Darah memiliki fungsi yang penting untuk tubuh, seperti membawa distributor gas oksigen, zat nutrisi, hormon dan cairan ke seluruh tubuh. Namun darah bisa mengalami penggumpalan atau pengentalan, yang dapat membahayakan kesehatan. Darah yang mengental dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan penyebab pengentalan darah, karena makanan tersebut memiliki kandungan tinggi kolesterol.

Dalam dunia medis, penyakit darah kental disebut dengan trombofilia atau hiperkoagulasi. Sebenarnya darah dapat mengental dan menggumpal saat salah satu pembuluh darah terluka, kemudian sedang dalam tahap penyembuhan. Tetapi darah yang menggumpal di seluruh pembuluh darah, dapat menghambat aliran darah dan menyebabkan penyakit mematikan.

Penyakit pengentalan darah dapat dialami semua usia, jika memiliki kondisi medis tertantu. Walaupun sebenarnya penyakit ini lebih menyerang seseorang yang berusia lanjut. Berikut makanan penyebab pengentalan darah, dilansir dari beberapa sumber:

Gejala Pengentalan Darah

Secara umum, pengentalan darah dapat dilihat saat muncul lebam atau bengkak di kulit. Kondisi ini menandakan bahwa ada pembuluh darah pecah di area tersebut, kemudian darah menggumpal dan menimbulkan rasa nyeri. Gejala pembengkakan ini terjadi pada pembuluh darah vena, yang disebut trombosis vena dalam (deep vein thrombosis).

Gejala penggumpalan darah pada bagian pembuluh arteri harus disadari. Kondisi ini disebut dengan trombosis arteri, yang bisa menyebabkan serangan jantung. Gejala yang harus diwaspadai adalah dada terasa sesak, nyeri pada bagian dada, susah bernapas, sering keluar keringat di tangan, mengalami gangguan sistem pencernaan, pusing hingga mual.

Pengentalan darah di bagian paru-paru juga sangat berbahaya. Karena penderitanya mengalami gejala napas pende hingga susah bernapas, nyeri dada, jantung berdetak cepat dan batuk berdarah. Gejala-gejala penggumpalan darah yang semakin parah dan tidak segera diperiksakan, dapat menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.

Makanan Penyebab Pengentalan Darah

1. Daging

Daging merupakan makanan penyebab pengentalan darah. Karena di dalam memiliki kandungan kolin. Kandungan ini berperan untuk meningkatkan bahan kimia di dalam tubuh, sehingga terjadi pembekuan atau pengentalan darah di seluruh pembuluh darah. Bahkan kandungan lemak jenuh di dalam daging, bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan serangan jantung.

2. Telur

Walaupun telur mengandung protein dan omega 6 yang baik untuk tubuh, tetapi telur bisa menyebabkan penggumpalan darah dan alergi pada tubuh. Pada bagian kuning telur, terdapat kandungan kolin yang cukup tinggi. Sebaiknya hindari mengkonsumsi kuning telur bagi penderita darah kental karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi.

3. Jeroan

Apakah Sahabat Fimela menyukai jeroan? Jeroan memang memiliki rasa yang enak, tetapi tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Sehingga jeroan tidak baik dikonsumsi, terutama pada bagian hati dan ginjal. Jeroan juga mengandung kolin yang bisa menyebabkan pengentalan darah. Terlalu banyak mengonsumsi jeroan bisa menyebabkan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

4. Kale

Kale termasuk sayuran hijau yang harus dihindari untuk penderita pengentalan darah. Makanan penyebab pengentalan darah ini, memiliki kandungan vitamin K yang fungsinya menghambat aliran darah. Selain kale, bayam dan brokoli juga sebaiknya dihindari agar tidak terjadi penggumpalan darah pada pembuluh darah.

5. Alkohol

Seperti yang kita ketahui, alkohol tidak boleh untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satu efek samping mengonsumsi alkohol adalah menyebabkan penggumpalan darah atau pengentalan darah. Jika terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran, stroke dan terkena serangan jantung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading