Sukses

Health

Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin ke Dokter Gigi

Fimela.com, Jakarta Tubuh yang sehat tentunya menjadi idaman setiap manusia yang ada di bumi. Dengan tubuh yang sehat, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas secara lebih ringan dan maksimal. Untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak hal yang perlu dilakukan seperti mengatur pola makan, memakan makanan dengan gizi seimbang, berolahraga, dan kebiasaan hidup sehat lainnya. Selain menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, kita juga perlu menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya seperti rambut, kulit, kulit wajah, dan juga gigi.

Kesehatan gigi akan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita karena mulut dan gigi bekerja sebagai bagian utama dalam menerima makanan dan mengolah makanan untuk dapat masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kesehatan gigi juga berkaitan dengan tingkat percaya diri seseorang. Tentunya setiap orang mengidam-idamkan gigi yang sehat dan bersih sehingga saat berbicara dapat percaya diri tanpa takut gigi kuning dan bau mulut. Perlu diingat bahwa gigi yang tidak sehat akan mempengaruhi aroma rongga mulut.

Dari alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kesehatan bagian tubuhnya terutama gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi, selain melakukan kebiasaan atau tindakan mandiri, kamu juga akan membutuhkan dokter gigi untuk membantu menjaga kesehatan gigimu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita perlu rutin mengunjungi dokter gigi.

Melakukan kontrol rutin 6 bulan sekali

Kontrol gigi merupakan hal yang perlu dilakukan untuk dapat mengetahui kesehatan gigi dan mulut kamu. Untuk itu, kamu perlu mengunjungi dokter gigi untuk memeriksa kondisi gigi serta menerima berbagai saran untuk apa yang perlu kamu lakukan guna menjaga kesehatan gigimu.

Dalam kontrol gigi ini, kamu dapat mencegah terkena masalah kesehatan yang menyerang gigi dan mulut. Masalah gigi seperti gigi berlubang dapat terjadi karena seringkali telat untuk mengenali gejala dan juga tanda tanda gigi berlubang karena tidak kontrol rutin. Kontrol gigi juga dapat mendeteksi masalah mulut dan gusi lainnya seperti kanker mulut, infeksi gusi, dan sebagainya.

Masalah gigi berlubang ini dapat menjadi panjang ketika kuman atau bakteri yang ada dalam gigi berlubang tersebut merambat dan membuat lubang lebih dalam sehingga menyerang akar gigi sehingga menimbulkan infeksi. Jika tidak segera ditangani, biasanya akan membuat gusi membengkak karena infeksi dan jika sistem imun tubuhnya menurun, infeksinya dapat menyebar ke mulut, sinus, tenggorokan, bahkan dada. 

Menerima perawatan gigi

Selain melakukan kontrol, saat mengunjungi dokter gigi, kamu juga dapat menerima perawatan gigi seperti merawat gigi yang berlubang, scaling, membuat gigi palsu, memasang behel, dan berbagai hal lainnya untuk menjaga kesehatan gigi. Perlu diingat bahwa melakukan perawatan gigi mandiri memang perlu dilakukan, namun, kamu tetap membutuhkan seorang ahli yaitu dokter gigi untuk melakukan perawatan pada gigi yang rusak atau kurang bagus.

Jadi, apakah kamu masih ragu untuk datang ke dokter gigi? Semoga informasi ini membantumu untuk tidak takut ke dokter gigi, ya.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading