Sukses

Health

10 Penyebab Nafsu Makan Meningkat Drastis yang Perlu Kamu Waspadai

Fimela.com, Jakarta Rasa lapar merupakan isyarat alami tubuh yang menandakan bahwa kamu membutuhkan lebih banyak makanan, saat kamu lapar tentu perut akan menggerakkan dan merasa kosong atau mungkin kamu akan mengalami sakit kepala, mudah tersinggung, atau tidak dapat berkonsentrasi. Mungkin kita dapat menahan rasa lapar selama beberapa jam akan tetapi jika terus menerus menahan rasa lapar tentu akan membuat perut kita semakin sakit.

Ketika kita lapar tentu nafsu makan akan meningkat atau adanya keinginan untuk terus makan, mendorong asupan nutrisi untuk tubuh. Tapi pernahkah kamu memiliki nafsu makan yang meningkat drastis? Hal ini terkadang tidak berkaitan dengan rasa lapar yang kamu miliki, akan tetapi ada beberapa kemungkinan mengapa kamu mengalami peningkatan nafsu makan.

Nafsu makan atau makan terus menerus secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, kita juga perlu mengatur asupan terisi masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa kemungkinan penjelasan untuk masalah ini, beberapa meningkat yang sering terjadi:

 

1. Peningkatan Aktivitas Fisik

Jika kamu mengalami peningkatan aktivitas fisik atau kamu sudah sibuk dengan rutinitas olahraga baru, kegiatan baru, atau pekerjaan baru tentu tubuh akan membutuhkan kalori yang cukup tinggi sehingga kamu mungkin akan mengalami peningkatan nafsu makan.

2. Penyakit

Ketika kamu sakit, sistem kekebalan tubuh tentu akan bekerja aktivasi ini dan pertempuran kekebalan yang terkadang akan dihasilkan, tentu membutuhkan kalori di luar kebutuhan tubuh dan menyebabkan peningkatan nafsu makan.

3. Pemulihan dan Operasi

Ketika tubuh kamu mencoba untuk menyembukan dan membangun kembali, metabolisme untuk berada dalam keadaan “anabolik” , atau keadaan konstruksi hal ini yang membuat kamu membutuhkan kalori dan terus meningkat secara alami.

4. Kehamilan

Salah satu alasan paling umum untuk nafsu makan meningkat itu ke hamilan, saat kamu hamil tentu kalau perlu memikirkan bayi yang ada di dalam kandungan. Bayi tersebut juga perlu membutuhkan nutrisi yang sehat begitu pula dengan kamu ketika sedang hamil, setelah melahirkan kamu juga membutuhkan nutrisi yang sehat untuk menyusui bayi.

5. Diabetes

Timbulnya diabetes, terutama diabetes tipe satu ternyata dapat menyebabkan nafsu makan meningkat secara tiba tiba, bersamaan dengan meningkatnya rasa haus serta penurunan berat badan yang tidak sengaja. Jenis diabetes lainnya seperti tipe dua ternyata dapat memiliki gejala yang lebih ringan.

6. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan dapat meningkatkan kadar ghrelin di dalam tubuh atau yang dikenal sebagai “hormon lapar”, hal inilah yang terkadang akan meningkatkan nafsu makan kita.

7. Asupan Makanan Berkurang

Jika kamu tidak mengkonsumsi cukup kalori, baik sengaja atau tidak sengaja tentu nafsu makan akan meningkat. Mengurangi makan ternyata dapat menciptakan defisit kalori, sehingga tubuh akan merespon dengan meningkatkan nafsu makan untuk mencegah penurunan berat badan kita.

8. Perubahan Pola Makan

Ketika kamu sedang diet yang tidak mengandung cukup makanan yang menyenangkan, seperti lemak maupun protein, tentu akan buat nafsu makan kamu dapat meningkat. Jika kamu makan terlalu banyak karbohidrat, kadar insulin akan berfluktuasi lebih banyak dan akhirnya dapat meningkatkan nafsu makan.

9. Stres

Stress kronis dapat mempengaruhi nafsu makan kamu, beberapa orang mungkin menggunakan makanan sebagai mekanisme koping untuk situasi stres yang mengkondisikan tubuh untuk mengasosiasikan stres dengan imbalan positif dari makanan serta kalori.

10. Kurang Tidur

Istirahat yang tidak cukup tentu dapat merangsang nafsu makan pada beberapa orang, hal inilah yang mungkin akan memberi efek kurang tidur ada hormon pengatur nafsu makan. Selain itu ketika kamu mau tidur tidak cukup untuk akan merasa lapar terus menerus dan dapat buat kamu meningkatkan nafsu makan.

Nafsu makan yang meningkat tentu dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk beberapa penyebab faktor di atas. Jika kamu mengalami peningkatan nafsu makan ada baiknya untuk pergi ke dokter agar mengetahui penyebab nya. Selain diabetes, stres kronis, dan kurang tidur beberapa kondisi kesehatan lainnya juga dapat menyebabkan nafsu makan meningkat. Mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan gaya hidup dan pola makan yang teratur, serta asupan nutrisi yang sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading