Sukses

Health

3 Syarat Makanan yang Sebaiknya Dimakan saat Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Apa yang kamu pilih untuk dimakan dan tidak dimakan saat buka puasa akan berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan sekaligus kadar energimu sepanjang malam hingga datang waktunya sahur.

Wajar sekali jika kita ingin banyak makan saat buka puasa, tapi perhatikan juga apakah apa yang kamu makan baik atau tidak untuk tubuh. Agar tetap sehat dan tidak mengalami bertambahnya berat badan selama puasa, ini sebaiknya makanan yang dimakan dan dihindari selama buka puasa.

1. Makanan kaya kalium

Kalium diperlukan untuk menjaga fungsi berbagai macam sistem tubuh. Beberapa peran utamanya seperti mencegah kram, menjaga konsentrasi, serta menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Makanan yang tinggi kalium termasuk kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, kentang, labu, yogurt, alpukat, jamur, dan pisang. Kurma adalah sumber nutrisi yang merupakan sumber potasium yang baik dan makanan yang sangat baik untuk berbuka puasa.

2. Cairan yang cukup

Cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh segera saat berbuka puasa. Minum air putih, jus atau sup merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan langsung makan makanan padat demi menjaga kesehatan, mencegah sembelit dan kelancaran pencernaan. Makanan yang bisa dikonsumsi seperti sayur dan buah yang kaya air seperti mentimun, selada, buah semangka, melon, pir, jeruk dan lain sebagainya.

3. Makanan berserat

Makanan kaya serat sangat baik membuat perut kenyang sehingga tidak memicu makan berlebihan sekaligus menjaga pencernaan lancar dan sehat. Cukupi kebutuhan serat makanan dengan makan banyak sayur, buah dan karbohidrat kompleks. Imbangi juga dengan konsumsi protein karena penting untuk berbagai macam fungsi tubuh.

Itu dia tiga syarat utama makanan yang baik dikonsumsi saat buka puasa.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading