Sukses

Health

Bolehkan Minum Susu saat Sahur? Berikut Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Saat bulan puasa, sahur adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan. Selain dianjurkan dalam agama, kegiatan sahur sebaiknya dilakukan agar aktivitas sehari-hari tetap berjalan lancar dan optimal walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Tapi bagi beberapa orang, sahur seringkali sulit dilakukan karena kita harus bangun sebelum matahari terbit dan menyiapkan menu sahur.

Tak sedikit orang yang melewtkan sahur atau hanya mengandalkan satu jenis makanan saja saat sahur, salah satunya susu. Susu seringkali dikonsumsi mereka yang tidak sempat menyiapkan menu sahur karena dipercaya mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tapi, benarkah demikian?

Fakta di Balik Konsumsi Susu saat Sahur

Susu memang mengandung banyak nutrisi, seperti protein serta vitamin A, B, dan D. Kandungan protein pada susu dipercaya dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Tetapi, mengonsumsi segelas susu sebagai menu utama saat sahur tidak akan membuat kita merasa lebih baik saat puasa.

Kandungan nutrisi pada susu membuatnya dikenal sebagai pelengkap makanan. Sehingga, manfaat susu akan lebih terasa jika dikonsumsi sebagai pelengkap makanan, bukan menu utama. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan serat saat sahur sangat dianjurkan agar kita memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Segelas susu hangat dapat menjadi pelengkap menu sahur sekaligun menambah cadangan energi bagi tubuh.

Tips jika kamu tidak memiliki waktu untuk menyiapkan menu sahur, kamu bisa mengonsumsi susu hangat dan buah untuk menjadi sumber energi saat menjalankan ibadah puasa. Kemudian, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih saat sahur untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh. 

So, sudah siap menjalankan ibadah puasa hari ini? 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading