Sukses

Health

5 Penyebab Pundak Terasa Berat yang Dapat Menjadi Masalah Serius

Fimela.com, Jakarta Pernah merasakan pundak yang tiba tiba terasa berat? Tentu kamu akan bertanya apa yang membuat pundak terasa lebih berat dari biasanya. Pundak merupakan sendi yang paling dapat digerakkan dalam tubuh, sekelompok empat otot dan tendon nya disebut manset rotator dapat memberikan Rentang gerak yang luas pada Pundak.

Pembengkakan, kerusakan, atau perubahan tulang disekitar manset rotator dapat menyebabkan nyeri pundak. Hal ini kemungkinan membuat kamu akan merasakan sakit saat mengangkat tangan di atas kepala atau menggerakkan nya ke depan bahkan ke belakang.

Penyebab kedua pundak bisa terasa lebih sakit atau berat dari biasanya karena adanya ketegangan pada otot akibat postur tubuh yang buruk, penggunaan yang berlebihan, atau terauma akibat cedera yang dapat menyebabkan nyeri leher dan pundak. Berikut beberapa pundak terasa lebih berat dari biasanya:

1. Terkilir

Ternyata salah satu penyebab bunda kita terasa sangat berat yaitu dapat diakibatkan pundak yang terkilir. Ligamen merupakan sebuah jaringan di antara dua atau lebih pada tulang dan sendi ketika hal tersebut sakit maka ada beberapa ada yang cedera dan mengalami peradangan sehingga akan membuat kita kesulitan untuk menggerakkan pundak.

2. Pundak yang Kaku

Ternyata bunda kita bisa menjadi kaku hal ini dapat disebabkan karena adanya pembengkakan akibat dari cedera atau aktivitas fisik yang berat. Terkadang pendek yang berat akan buat kita sulit untuk bergerak dan menjangkau gerakan yang bebas.

3. Osteoarthritis

Mungkin kita sering mengenal istilah osteoporosis ternyata ada istilah osteoarthritis hal ini sering disebut oleh pengapuran sendi. Biasanya seseorang akan mengalami osteoarthritis ketika memasuki usia menopause dan pengapuran sendi akan berkembang secara perlahan.

4. Saraf Terjepit

Penyebab pundak terasa berat juga dapat disebabkan adanya saraf yang terjepit, jika adanya rasa nyeri di bagian pundak dan diiringi matirasa atau seperti ditusuk jarum maka kamu perlu berhati hati. Hal ini bisa jadi karena adanya saraf yang terjepit dan dapat mengakibatkan jaringan tersebut bengkak pada area pundak.

5. Postur Tubuh

Tahukah kamu bahwa tulang dapat mempengaruhi adanya beberapa masalah tuh, hal ini biasanya disebabkan oleh postur tubuh yang salah. Ketika kita memiliki postur tubuh yang salah ketik atau duduk dengan tidak tetap biasanya akan membuat kita membungkuk, postur tubuh yang buruk juga dapat membebani pundak sehingga akan menyebabkan pundak terasa berat dan pegal.

Pundak yang terasa berat tentu membuat kita tidak nyaman, hal ini juga dapat mempengaruhi aktivitas keseharian. Pundak yang terasa sangat pegal juga dapat dipengaruhi oleh faktor postur tubuh yang salah atau aktivitas fisik, jika kamu mengalami beberapa gejala lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading