Sukses

Health

Aturan Berolahraga Selama Ramadan di Waktu Setelah Sahur dan Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Puasa di bulan Ramadan banyak dijadikan alasan untuk menerapkan 'puasa' berolahraga. Padahal, faktanya kita harus tetap aktif bergerak agar tubuh tetap fit dan bugar meski dalam kondisi berpuasa.

Minimnya asupan makanan yang dimiliki tubuh saat berpuasa, nyatanya tetap cukup, kok, untuk kita berolahraga. Selama disesuaikan dengan kemampuan dan pemilihan waktu untuk berolahraga. 

dr. Elsye Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Halodoc menjelaskan pada kita, kalau olahraga di bulan Ramadan bisa dimulai dari gerakan yang sederhana. Misalnya melakukan minimal 10.000 langkah setiap hari atau bisa juga dilakukan minimal 10 menit setiap 2 jam.

"Misalnya dengan jalan di tempat atau peregangan ringan, yang penting dilakukan secara teratur. Dan saat berpuasa, olahraga bisa dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang." ujarnya dalam jumpa virtual HaloTalks Spesial Ramadan: Serba-Serbi Puasa Anti Lemas dan Tetap Fit bersama Halodoc.

Waktu Terbaik Berolahraga di Bulan Ramadan

dr. Elsye juga merekomendasikan waktu paling tepat untuk berolahraga adalah 1-2 jam setelah buka puasa. Namun jika tubuh masih memiliki cadangan energi, bisa dilakukan pada 1 jam sebelum buka puasa atau 1 jam setelah sahur dengan intensitas ringan. 

"Cara tahu intensitas olahraga itu gampang, bisa dengan tes bicara. Nah kalao masih bisa ngobrol dan nyanyi ringan, itu intensitas ringan. Susah untuk nyanyi tapi masih bisa ngobrol, itu sedang. Kalau sudah enggak ngobrol dan nyanyi serta napas sudah terengah, itu intensitas tinggi," jelasnya.

 

Program Sajadah Selama Ramadan

Selain olahraga yang konsisten dan mengonsumsi nutrisi seimbang, upaya preventif juga bisa dilakukan dengan menyiapkan obat dan multivitamin agar kita bisa menjalankan puasa anti lemas dan tetap fit. Oleh 1 karena itu, sebagai platform layanan kesehatan, Halodoc hadir dan selalu siap memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat setiap saat, layaknya kotak P3K’ yang bisa dibawa kemana dan kapan pun.

Selama bulan Ramadan, Halodoc berkomitmen untuk membantu masyarakat tetap sehat tanpa perlu repot dengan menghadirkan program Sajadah atau Sehat Jadi Mudah dengan penawaran spesial untuk pengguna Halodoc, diantaranya:

1. Layanan Toko Kesehatan - masyarakat bisa membeli beberapa produk obat dan vitamin dengan hemat 50%, dan apabila melakukan pembelanjaan lebih dari Rp 500k dapat voucher potongan Rp 50K, serta gratis ongkir. Setiap hari pukul 16.00 - 17.30 WIB, masyarakat juga bisa mengikuti Daily Ngabuburit Flash Sale untuk bisa membeli obat dan vitamin hemat 70% dan mengirimkan paket vitamin Bingkisan Kebaikan Ramadan 2022 untuk mengirimkan kepada saudara dan kerabat.

2. Layanan Chat Dokter - masyarakat bisa menjalani puasa tanpa perlu khawatir karena layanan konsultasi dokter di Halodoc bisa dilakukan 24/7. Layanan ini bisa dimanfaatkan dari Rp 15K .

3. Layanan Medical Check Up - masyarakat bisa hemat 20% hingga Rp 250K untuk setiap pemesanan layanan medical check up yang telah bekerjasama dengan klinik/lab terpercaya.

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading