Sukses

Health

9 Penyebab Badan Lemas dan Mengantuk Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela pernah merasakan badan lemas dan ngantuk pada saat puasa? Mungkin hal ini sangat wajar dirasakan bagi sebagian orang. Kondisi ini bisa disebabkan karena tubuh kekurangan energi harian, dan kurang tidur karena harus menyiapkan makanan untuk sahur.

Saat mengantuk di pagi hari, maka seseorang akan mengalami hilang fokus dalam bekerja, tubuh merasa sangat lelah, suasana hati menjadi kacau, dan sering lupa. Selain itu, Sahabat Fimela juga bisa merasakan lambat dalam merespon sesuatu dan tidak memiliki gairah untuk melakukan aktivitas. Kondisi ini bisa diwaspadai, jika badan lemas dan mengantuk dirasakan terus menerus.

Karena kondisi ini bisa dijadikan sebagai gejala dari penyakit kronis. Salah satu penyakit yang ditandai dengan gejala badan lemas dan mengantuk adalah diabetes. Berikut penyebab badan lemas dan mengantuk yang sering dialami pada saat puasa:

Penyebab Badan Lemas dan Mengantuk

1. Kurang Tidur

Pada saat puasa, sangat wajar jika seseorang mengalami kurang tidur. Karena harus terbangun untuk mempersiapkan sahut dan menjalankan sahur. Walau demikian, Sahabat Fimela bisa tidur terlebih dahulu sebelum sahur, mulai dari jam 10 malam hingga sebelum sahur tiba. Jangan begadang atau tidak tidur sama sekali hingga sahur.

2. Dehidrasi

Kurang cairan atau dehidrasi pada tubuh sangat berbahaya untuk kesehatan. Kondisi tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan badan lemas dan mengantuk. Dehidrasi bisa menghambat oksigen masuk ke dalam otak, sehingga otak akan menyusut dan menjadi kurang fokus saat berpikir. Dehidrasi sangat sering dialami oleh seseorang pada saat menjalankan puasa. Untuk itu, konsumsilah air putih sebanyak 2 liter sehari, pada saat sahur dan buka puasa, serta hindari minuman yang terlalu manis.

3. Memiliki Riwayat Diabetes

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes, akan akan berisiko mengalami badan lemas dan mengantuk saat puasa. Karena kadar gula yang ada di dalam tubuh tidak normal, bisa membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk. Untuk itu, gula yang ada di dalam tubuh harus dikontrol agar selalu seimbang.

Penyebab Badan Lemas dan Mengantuk

4. Terlalu Banyak Pikiran

Kalau kamu sedang mengalami stres atau terlalu banyak pikiran, maka kamu akan mengalami insomnia dan susah tidur nyenyak. Kondisi ini bisa membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk. Sebaiknya lakukan yoga atau relaksasi sebelum tidur, agar pikiran tenang dan bisa tidur dengan nyenyak.

5. Memiliki Gangguan Hiponatremia

Penyebab badan lemas dan sering mengantuk juga bisa disebabkan karena memiliki gangguan hiponatremia. Penyakit kronis ini berpengaruh terhadap metabolisme seseorang. Hiponatremia terjadi saat kadar natrium di dalam darah sangat rendah, sehingga menyebabkan orang mengantuk.

6. Restless Legs Syndrome (RLS)

Restless Legs Syndrome (RLS) adalah sindrom yang dialami oleh kaki. Sindrom ini merupakan sindrom kaki gelisah, yang membuat seseorang jadi mudah mengantuk. Sindrom ini menyebabkan kaki melakukan gerakan tersentak-sentak setiap 20 hingga 30 detik setiap malam. Sehingga seseorang yang memiliki sindrom ini menjadi susah tidur, yang menyebabkan badan lemas dan mengantuk.

Penyebab Badan Lemas dan Mengantuk

7. Efek Samping Obat-Obatan

Ada beberapa obat-obatan yang memiliki efek samping menyebabkan ngantuk, seperti obat antihistamin, obat penenang, obat alergi dan obat tidur. Sebaiknya obat ini dikonsumsi dengan pengawasan dokter dan konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Karena obat-obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

8. Tidak Mengonsumsi Makanan Bergizi

Badan lemas dan mengantuk saat puasa, bisa disebabkan karena seseorang tidak mengonsumsi makanan bergizi saat sahur atau buka puasa. Pada saat puasa, tubuh memerlukan energi yang banyak dan berasal dari makanan. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Sebisa mungkin hindari diet yang terlalu ketat saat puasa.

9. Jarang Berolahraga

Penyebab badan lemas dan mengantuk yang terakhir adalah karena jarang berolahraga. Olahraga adalah aktivitas yang bisa meningkatkan stamina, meningkatkan sistem imunitas, dan bisa membuat seseorang menjadi lebih fokus. Walaupun sedang berpuasa, tetap lakukan olahraga setiap hari dengan intensitas sedang, seperti yoga atau jalan sore menjelang buka puasa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading