Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana agar Badan Tidak Lemas saat Haid

Fimela.com, Jakarta Saat sedang haid biasanya kita seperti tak punya tenaga untuk beraktivitas. Tubuh rasanya sakit semua. Belum lagi jika dilanda kram perut, maka rasanya ingin rebahan saja.

Agar bisa lebih nyaman saat haid, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Memerhatikan asupan makanan dan minuman sangatlah penting saat haid. Berikut ini beberapa cara dan tips yang bisa dicoba agar badan tidak lemas saat haid.

1. Minum Air Kaldu Hangat

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh sangat penting dilakukan. Selain air putih, bisa juga minum air kaldu hangat. Minum air kaldu tulang bahkan bisa bantu meredakan nyeri haid. Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN, ahli gizi di Mountainside, seperti yang dilansir dari laman bustle.com mengungkapkan bahwa air kaldu tulang bisa bantu meredakan nyeri haid. Air kaldu tulang merupakan salah satu sumber asam amino anti inflamasi yang baik.

2. Melakukan Gerakan Yoga Ringan

Penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu redakan nyeri yang berhubungan dengan kram karena haid. Lakukan beberapa gerakan yoga sederhana atau peregangan sebelum tidur. Dengan begitu, otot-otot tubuh akan lebih rileks dan membantu kita tidur lebih nyenyak.

3. Tidur yang Cukup

Seringkali saat menjelang atau sedang haid, suasana hati kita memburuk. Hal ini membuat kita stres dan uring-uringan sehingga sulit tidur. Padahal tidur cukup sangatlah penting selama haid. Cobalah untuk merilekskan diri sebelum tidur. Bisa dengan mandi air hangat atau sekadar mendengarkan musik lembut untuk bisa tidur yang lebih nyenyak.

4. Mengonsumsi Makanan yang Lebih Kayak Protein dan Vitamin

Coba antisipasi dengan memerhatikan siklus haid. Saat sudah mendekati prediksi waktu haid, coba atur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein. Selain itu konsumsi banyak buah dan sayur juga yang mengandung ragam vitamin. Untuk pilihan karbohidrat, cobalah untuk mengonsumi biji-bijian utuh, seperti gandum utuh.

5. Mengonsumsi Buah-buahan Segar

Buah jeruk, buah pisang, buah semangka, dan buah alpukat merupakan sebagian buah yang cukup baik dikonsumsi selama haid. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis bisa dikonsumsi saat haid untuk memberi asupan kalsium, vitamin C, dan vitamin D yang cukup. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada buah pisang membuatnya jadi buah terbaik untuk menstabilkan suasana hati. 

Semoga info di atas bermanfaat dan membantu untuk bisa lebih nyaman beraktivitas selama haid, ya.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading