Sukses

Health

5 Gejala Kelelahan yang Patut Diwaspadai, Sulit Fokus hingga Jatuh Pingsan

Fimela.com, Jakarta Merasa lelah setelah selesai bekerja atau mengerjakan tugas tentu sudah jadi hal wajar yang kita rasakan sehari-hari. Namun, jika kamu mengalami kelelahan atau fatigue, maka hal ini perlu kamu tanggapi secara serius. 

Fatigue atau kelelahan adalah kondisi ketika kamu merasa lelah, lesu, atau kurang bertenaga. Kondisi ini berbeda dengan rasa kantuk, karena seseorang yang kelelahan umumnya akan kehilangan motivasi dan energi. 

Kabar buruknya, fatigue menjadi gejala awal dari banyak kondisi medis ringan sampai serius, bahkan berujung kematian. Lalu, apa tanda-tanda seseorang mengalami kelalahan? 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 gejala kelelahan yang patut diwaspadai. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Sulit Berkonsentrasi dengan Tenang

Gejala kelelahan yang pertama adalah sulit berkonsentrasi. Orang yang mengalami sindrom kelelahan akan sulit berkonsentrasi sehingga tidak dapat menjalankan aktivitas dengan maksimal. Biasanya saat mencoba untuk fokus, pandangan bisa saja kabur atau kepala tiba-tiba terasa sakit. 

2. Rasa Lelah yang Sukar Mereda

Berikutnya, gejala kelelahan lainnya yang patut kamu waspadai adalah rasa lelah yang sukar mereda. Merasa lelah memang hal biasa, namun dalam hal ini, lelah yang kamu rasakan tidak hilang seama beberapa jam meskipun kamu sudah beristirahat. Kamu akan tetap merasa capek, lemas, dan lemah sepanjang waktu. 

3. Mengalami Gangguan Tidur

Walaupun merasa kelelahan, orang yang mengalami sindrom kelelahan tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Akibatnya, rasa lelah terus bertambah tiap harinya dan tidak kunjung mereda meski sudah tidur cukup. 

Selain gejala kelelahan, gangguan tidur juga menjadi tanda-tanda atau gejala dari kondisi kesehatan lainnya. Maka dari itu, jika kamu sudah mengalami gangguan tidur, sebaiknya hal ini tidak disepelekan.

Sebelum memicu timbulnya penyakit yang lebih parah, ada baiknya untuk mengkonsultasikannya dengan dokter jika dirasa gangguan tidur yang kamu alami sudah akut. 

4. Mengalami Nyeri Otot

Nyeri otot, sendi, dan nyeri punggung juga merupakan gejala yang sering dialami oleh orang yang mengalami sindrom kelelahan. Biasanya otot dan persendian akan terasa kaku dan kram hingga membuatmu kesulitan untuk bergerak. 

5. Jatuh Pingsan

Terakhir, gejala kelelahan yang satu ini amat menunjukkan kondisi yang sangat serius. Orang yang mengalami sindrom kelalahan akut biasanya akan mudah jatuh pingsan. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Ladies, itulah beberapa gejala kelelahan yang patut kamu waspadai. Semoga informasi ini dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih menjaga kesehatan dan menghidari aktivitas yang dapat memicu kelelahan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading