Sukses

Parenting

5 Tanda Seorang Ibu Mengalami Kelelahan Mental

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang ibu bukanlah perkara yang mudah, ia harus bisa mengatur waktu dengan baik, mengurus anak dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Terkadang, beban kerja berlebih seperti ini bisa membuat seorang ibu gampang lelah bahkan stres dengan kesibukannya.

Untuk ibu yang memiliki aktivitas padat, waktu sendiri adalah hal yang paling dibutuhkan. Misalnya dengan melakukan hal yang menyenangkan atau istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi dan suasana hati.

Berikut ini beberapa tanda seorang ibu tengah lelah secara mental atau batin

1. Mudah marah-marah

Sensitif itu hal yang wajar, tapi kalau keseringan bahkan marah-marah karena hal sepele ini tandanya ada yang sesuatu yang salah. Bisa jadi Mom sedang mengalami kelelahan mental dan butuh hiburan. Apalagi kalau tidak ada masalah apa-apa tapi suasana hati gampang berubah-ubah, ini tandanya Mom harus melakukan sesuatu yang menyenangkan.

2. Tidur tidak nyenyak

Walaupun urusan rumah tangga sudah selesai, tapi kalau Mom tak kunjung tidur. Ini bisa jadi Mom mengalami kelelahan bahkan stres berlebihan. Terlalu sibuk dengan urusan rumah tangga dan mengurus anak juga bikin lelah dan butuh hiburan.

3. Tiba-tiba merasa sedih

Tanda lainnya kalau Mom sedang lelah hati ialah sering merasa sedih hingga menangis pada hal sepele yang terlalu dipikirkan secara berlebih. Terkadang dengan istirahat saja tidak cukup untuk menyelesaikan kelelahan hati tapi juga perlu aktivitas hiburan yang bisa membuat tenang pikiran.

4. Tidak suka dengan situasi yang dihadapi

Lelah hati juga dapat muncul saat Mom menjalani aktivitas yaang tidak disukai selama berhari-hari, misalnya menghadapi suami yang sibuk atau anak yang rewel. Menjalani aktivitas yang tak disukai akan membuatmu merasa terbebani dan itu bukan hal yang baik pada kesehatan mental.

5. Lebih banyak diam

Seorang ibu identik dengan kebawelan, apalagi jika sudah memiliki anak. Biasanya Mom akan jadi orang yang super cerewet dan super sibuk. Tapi kalau tiba-tiba Mom jadi lebih banyak diam, tidak peduli dengan urusan rumah tangga bahkan tidak pernah marah-marah saat melihat kekacauan di rumah. Ini tandanya Mom sudah sangat lelah dan butuh istirahat.

Bagaimanapun juga sebegai seorang ibu juga butuh waktu untuk sendiri dan menghabiskan waktu berkualitasnya. Jadi, sebagai pasangan harus bisa saling mendukung satu sama lain. Misalnya saat Mom sedang butuh istirahat, maka suami bisa bergantian untuk menjaga anak atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya. Sehingga tidak semua beban keluarga ditangani oleh istri.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading