Sukses

Parenting

Selamat Hari Ibu, Praktikkan 5 Tips Ini untuk Hindari Stres di 2021

Fimela.com, Jakarta Hari Ibu tepat dirayakan pada 22 Desember 2020, mengingatkan kita akan jasa-jasa yang diberikan oleh ibu tersayang. Peran ibu berlipat ganda dalam keluarga, mulai dari mengurus anak, suami, rumah, hingga bekerja. Apalagi di masa pandemi yang terjadi di tahun 2020 membuat tantangan tersendiri bagi para ibu.

"Para ibu sangat riskan terkena stres hingga burnout karena tugasnya yang begitu banyak. Kondisi ini akan memberikan dampak buruk juga untuk anak dan keluarga," ujar Putu Andani, M.Psi., Psikolog, TigaGenerasi.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui para ibu untuk menghadapi tantangan perubahan di tahun 2021 nanti agar tidak stres atau burnout. Berikut beberapa saran yang disampaikan Psikolog Putu.

1. Menyadari batasa diri

Putu mengatakan agar tidak terjadi stres dan burnout, para ibu perlu menyadari batasan dirinya sebagai seorang manusia, bahwa ibu perlu istirahat dan menghargai diri sendiri.

2. Berterima kasih

Jangan lupa untuk berterima kasih pada diri sendiri, setelah seharian bekerja dan mengurus keperluan rumah.

"Karena kadang-kadang pekerjaan itu 24 jam, mungkin enggak ada apresiasi karena itu pekerjaan harian yang harus dilakukan, jadi kita harus berterima kasih sama diri kita sendiri dulu," papar Putu.

3. Let Go

Untuk para ibu yang di tahun 2020 sudah bisa let go, jadi kalau ada rencana-rencana yang tidak tercapai dan akhirnya bisa let go itu bukan suatu kegagalan tapi sebuah pencapaian sebenarnya. Karena artinya ada skill baru.

"Skill let go yang mungkin sebelum corona semua harus tercapai kita pikir itu achievement, mungkin saat itu achievement tapi sekarang achievement-nya letting go tadi karena dengan letting go kita jadi lebih sehat mental dan lebih tahu prioritas.

4. Cerita

Take a break jangan lupa, bercerita, regulasi diri apakah ada yang harus diturunkan standarnya atau harus didelegasikan. "Cerita bisa dengan pasangan, keluarga, dan teman, cari yang paling nyaman," ujar Putu.

5. Membekali diri

Ibu juga perlu membekali diri dengan berbagai cara untuk mengatur jadwal sehari-hari dalam menghadapi tantangan perubahan di tahun 2021 nanti. Ibu bisa mencari hobi yang menyenangkan agar ada waktu me time. Siapa tahu, hobi tersebut justru bisa menjadi bisnis yang sebelumnya tidak terpikirkan.

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Kekurangan Zat Besi Pengaruhi Motorik dan Otak Anak, Berikut Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi
Artikel Selanjutnya
Good Time Kitchen, Solusi Membuat Kreasi Kudapan yang Cepat dan Mudah bagi Para Ibu Multiperan