Sukses

Health

5 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Pada saat Lebaran, biasanya ada banyak hidangan dan makanan yang tersaji. Berbagai makanan lezat pun siap dinikmati. Belum lagi dengan banyaknya jenis kue serta aneka lauk pauk lezat yang bisa disantap bersamaan.

Saat makan dan minum, kita tetap perlu secukupnya saja. Jangan sampai kadar kolesterol dalam tubuh jadi naik dan tidak terkontrol karena pola makan yang keliru. Untuk mengimbangi pola makan yang lebih baik, ada beberapa jenis makanan yang bisa dipilih untuk bantu turunkan kadar kolesterol.

 

1. Terong

Melansir laman health.harvard.edu, terong termasuk jenis sayur rendah kalori. Selain itu, terong merupakan sumber serat yang mudah larut. Sehingga baik dikonsumsi sebagai lauk atau sayur dalam menu sehari-hari. Okra pun bisa dipilih untuk dikonsumsi karena kandungan kalorinya juga rendah.

2. Buah yang Kaya Pektin

Pektin merupakan serat larut pada buah dan sayuran. Pektin kerap dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dan mengatasi penyakit tertentu. Ada jenis buah tertentu yang kaya pektin, antara lain apel, anggur, stroberi, dan buah-buahan citrus.

3. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari bisa menurunkan LDL sampai 5% hingga 6%.

 

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang larut. Selain mudah dicerna, oatmeal juga mampu mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL). Satu mangkuk oatmeal yang ditambah dengan buah apel dan pir (yang kaya serat larut) mampu meningkatkan penyerapan kolesterol jahat untuk dibuang keluar tubuh.

5. Kacang-kacangan

Sejumlah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang per hari bisa menurunkan LDL sampai 5%.

Lima jenis makanan di atas merupakan kelompok makanan dari banyak jenis makanan lainnya yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading