Sukses

Health

Bukan Kelaparan, Ini 6 Alasan Kepala Terasa Pusing saat Puasa

Ada kalanya puasa membuatmu lemas, dan salah satu efek yang dialami banyak perempuan saat menjalankan puasa Ramadan adalah pusing. Banyak orang mengira kita meras kelaparan sehingga kepala terasa pening dan pusing.

Tapi ternyata bukan itu lho alasan sebenarnya. Ini alasan mengapa kita merasa pusing saat menjalankan puasa. Simak yuk!

 

 

 

 

 

 

1. Tekanan darah yang turun

Saat tekanan darah turun, tubuh menjadi limbung atau tidak seimbang. Puasa memang bisa menurunkan tekanan darah, dan ada baiknya jika kita memilih makanan-makanan sehat dan kaya nutrisi saat makan berbuka maupun sahur agar tekanan darah bisa stabil selama seharian menjalani puasa.

2. Turunnya kadar gula darah

Hipoglikemia atau turunnya kadar gula darah saat menjalankan puasa sebenarnya sangat wajar terjadi karena tubuh tidak mendapat asupan karbohidrat dan gula dalam waktu tertentu. Sedangkan otak membutuhkan asupan glukosa untuk bekerja secara optimal. Untuk mencegah hal ini terjadi, atasi dengan makan makanan manis saat sahur sehingga kebutuhan glukosa tetap tercukupi.

3. Dehidrasi

Kurang minum air putih saat berbuka puasa maupun sahur bisa membuatmu dehidrasi. Ketika tubuh dalam kondisi kekurangan cairan seperti ini, salah satu efeknya adalah otak tak bisa berfungsi secara optimal dan timbul rasa pusing. Sebisa mungkin cukupi kebutuhan minum air putih terutama selama sahur agar tidak pusing.

4. Kecanduan kopi sebelum puasa

Jika kamu suka minum kopi setiap hari bahkan lebih dari 3 cangkir per hari, alamat deh kamu bakal pusing seharian selama puasa. Efek candu dari kafein sangat tak sehat untuk otak. Namun seiring berlalunya waktu selama puasa, tubuh akan mulai terbiasa dan efek kecanduan serta pusing tersebut akan berangsur berkurang jika kamu juga mengurangi konsumsi minuman berkafein tersebut sepanjang bulan Ramadan.

5. Anemia

Kurangnya zat besi selama menjalani puasa bisa membuatmu pusing dan bahkan pingsan. Selalu pastikan berbuka puasa dan sahur dengan makan makanan kaya zat besi agar tidak pusing saat puasa seperti makan banyak sayuran, daging, makanan laut dan kacang-kacangan.

6. Gangguan sinus

Jika kamu sedang flu atau pilek, gangguan sinus ternyata juga bisa mengganggu keseimbangan tubuh sehingga terkadang kamu mengalami kepala pening dan pusing selama puasa. Bahkan jika kamu menundukkan kepala dan mengangkat kepalamu, kepala akan terasa sangat berat.

Itu dia sekian alasan mengapa kamu seringkali pusing saat puasa. Ternyata bukan karena kelaparan kan? Yuk atasi masalahnya sehingga Sahabat Fimela tidak lagi merasa pusing saat puasa.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading