Sukses

Health

7 Gejala PMS yang Sering Terjadi pada Setiap Perempuan

Fimela.com, Jakarta PMS atau Pre-menstrual Syndrome merupakan momen yang kerap dialami perempuan menjelang menstruasi atau haid. Pada momen ini, tubuh mengalami perubahan hormon yang membuat seseorang lebih mudah marah, lelah, tidak nyaman bahkan sedih tanpa alasan jelas. PMS terkadang juga membuat seseorang merasa tubuh dan perut terasa sakit. 

Meski PMS dialami oleh hampir semua perempuan, gejala yang muncul pada setiap perempuan berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Melansir dari laman health.com, berikut beberapa gejala PMS yang sering terjadi pada setiap perempuan menjelang menstruasi.

Miss V Kering

Ini adalah gejala pertama. Meski sebagian besar perempuan akan keluar cairan putih sebelum menstruasi atau haid dan keputihan, beberapa perempuan justru mengalami miss V kering. Ketika miss V kering, ini bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan intim. 

Sakit Punggung

Gejala kedua adalah sakit punggung. Beberapa perempuan mengalami sakit punggung yang cukup hebat menjelang menstruasi. Tak hanya punggung, paha dan perut juga terasa nyeri  atau sakit saat PMS. 

Payudara Nyeri dan Terasa Lebih Lembut

Banyak perempuan mengeluhkan nyeri payudara sebelum menstruasi. Beberapa juga mengakui bahwa payudaranya terasa lebih lembut serta berat. Ini adalah hal yang umum terjadi mengingat adanya perubahan hormon dalam tubuh.

Sakit Kepala

Sakit kepala juga menjadi gejala dari PMS yang sering terjadi. Tak hanya sakit kepala, rasa malas dan lelah juga kerap muncul pada mereka yang sedang PMS. 

Haus Berlebih

Beberapa perempuan mengaku bahwa mereka merasa haus berlebih menjelang menstruasi. Ini terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Sebaiknya konsumsi air cukup untuk menghindari dehidrasi.

Ngidam

Ternyata ngidam tak hanya dialami perempuan yang sedang hamil. Perempuan yang hendak menstruasi juga sering ngidam. Tanpa alasan jelas, perempuan yang menjelang menstruasi terkadang menginginkan makan sesuatu terutama yang pedas, asam atau asin. 

Perubahan Suasana Hati

Gejala yang terakhir adalah berubahnya suasana hati. Perempuan yang sedang PMS lebih rentan marah, emosi bahkan sedih. Dan itu terjadi tanpa alasan yang jelas. Namun ketika menstruasi telah datang, suasana hati pun akan kembali normal seperti biasanya. 

Itulah beberapa gejala PMS yang sering terjadi pada perempuan. Dari beberapa gejala yang ada, mana yang paling sering kamu rasakan Sahabat Fimela? Atau mungkin ada gejala lain yang dirasakan? Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading