Sukses

Health

5 Cara agar Berat Badan Tidak Naik saat Lebaran

Fimela.com, Jakarta Ketika Lebaran tiba, begitu banyak hidangan lezat yang menanti. Tak hanya itu saja, ragam kue kering, camilan, minuman manis, dan jajanan pun siap untuk dinikmati. Kalau tidak bisa mengontrol diri, berat badan kita bisa mendadak naik saat Lebaran karena makan dan minum berlebihan.

Agar berat badan tidak naik saat Lebaran, ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba. Cara-cara ini pun bisa langsung dicoba dan diterapkan sesuai kebutuhan dan kemampuan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Dahulukan Minum Air Putih

Minum air putih sebelum makan dapat mengontrol asupan makanan yang berlebihan saat merasa lapar. Selain itu, ketika kamu terhidrasi dengan baik, pengeluaran energi meningkat dan tubuh membakar kalori lebih cepat. Umumnya tubuh kita membutuhkan 8 gelas air putih per hari agar terhidrasi dengan baik. Selain itu, batasi konsumsi minuman bergula atau berpemanis juga, ya.

2. Awali Hari dengan Sarapan

Sarapan adalah hal yang sangat penting buat menjaga kesehatan tubuh. Sarapan juga bisa menekan risiko obesitas atau kenaikan berat badan. Perbanyak konsumsi buah juga saat sarapan. Imbangi dengan sayuran dan makanan berprotein yang bikin awet kenyang.

 

 

3. Berolahraga 30 Menit Sehari

Tak harus berolahraga berat. Bisa dengan olahraga jalan kaki santai selama 30 menit sehari. Selain bantu mengurangi kelebihan lemak tubuh, berolahraga juga dapat meningkatkan kekuatan daya tahan otot tubuh kita. Bahkan bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.

 

4. Dapatkan Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang tidak nyenyak dan kurang tidur sepanjang hari dapat meningkatkan risiko obesitas. Dengan kata lain, agar berat badan tidak gampang naik kita perlu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

5. Berhenti Makan sebelum Kenyang

Stoples kue kering jangan langsung dihabiskan sendiri dalam sekali duduk. Semua menu Lebaran tak harus dihabiskan dan disantap semua sekaligus. Perhatikan kondisi perut. Ada baiknya berhenti makan sebelum terlalu kenyang supaya asupan kalori tidak berlebihan.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk mencegah berat badan naik saat Lebaran. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading