Sukses

Health

9 Makanan Penyebab Ureum Tinggi yang Berisiko Penyakit Ginjal

Fimela.com, Jakarta Ureum adalah zat sisa yang berasal dari pemecahan protein dan zat amino yang ada di dalam hati. Kadar ureum yang tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal. Karena ginjal memiliki peran untuk menyaring ureum dalam tubuh. Kemudian ureum dibuang melalui urine.

Ureum tinggi dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal. Jumlah ureum yang normal pada perempuan adalah 6–21 mg/dL dan untuk laki-laki adalah 8–24 mg/dL. Sedangkan kadar ureum normal pada anak-anak adalah 7–20 mg/dL. Tingginya kadar ureum ini bisa diukur menggunakan tes blood urea nitrogen (BUN).

Penyebab ureum tinggi pada umumnya adalah karena tidak mengontrol pola makan dengan baik. Mengonsumsi makanan yang sangat tinggi protein dan lemak, akan membuat kadar ureum menjadi tinggi, dan memicu komplikasi penyakit. Berikut makanan penyebab ureum tinggi dan berisiko penyakit ginjal, dilansir dari beberapa sumber:

Makanan Penyebab Ureum Tinggi

1. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang tinggi protein. Mengonsumsi daging merah dengan jumlah yang terlalu banyak dapat meningkatkan kadar ureum di dalam tubuh. Kandungan protein hewani yang sangat tinggi di dalam daging, bisa juga meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Makanan Olahan Gandum

Makanan yang terbuat dari olahan gandum bisa menyebabkan kadar ureum tinggi, sehingga berisiko terkena gagal ginjal dan komplikasi penyakit. Karena makanan olahan gandum mengandung fosfor dan potasium yang tinggi. Lebih baik kurangi mengonsumsi makanan yang terbuat dari olahan gandum, jika kamu memiliki riwayat penyakit ginjal.

3. Produk Olahan Susu Sapi

Produk olahan susu sapi juga memiliki kandungan protein hewani yang tinggi. Makanan yang berasal dari produk olahan susu sapi seperti keju, yogurt dan es krim sebaiknya dihindari, untuk mencegah ureum tinggi di dalam tubuh. Kandungan tinggi lemak dan fosfor di dalam produk olahan susu sapi, juga bisa menyebabkan tekanan pada ginjal, dan sistem kerja ginjal tidak berfungsi optimal.

Makanan Penyebab Ureum Tinggi

4. Makanan Tinggi Fosfor

Walaupun fosfor diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Tetapi lebih baik mengurangi makanan tinggi fosfor seperti dark chocolate, kacang-kacangan, jeroan dan semacamnya. Selain menyebabkan kadar ureum tinggi, makanan ini juga bisa berisiko menyebabkan penyakit jantung dan lemah tulang.

5. Makanan Asin

Makanan asin mengandung garam yang berlebih, sehingga harus dihindari seseorang yang memiliki sakit ginjal kronis. Sebenarnya garam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, yaitu untuk menyeimbangkan kadar cairan di dalam tubuh dan membantu fungsi ginjal. Jika mengonsumsi garam berlebih, justru akan mengganggu fungsi ginjal dan kadar ureum menjadi sangat tinggi.

6. Makanan Manis

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar ureum. Kandungan gula tambahan dalam makanan manis, bisa menyebabkan hipertensi akibat penyumbatan aliran darah. Sehingga berisiko terkena penyakit jantung, gagal ginjal dan diabetes.

Penyebab Ureum Tinggi yang Lainnya

7. Tubuh Kekurangan Cairan

Saat tubuh kekurangan cairan, maka fungsi organ ginjal akan terganggu. Sehingga ginjal mengalami kesusahan saat menyaring ureum dari hati. Sebaiknya konsumsi air putih secara rutin setiap hari. Minumlah air putih sebanyak 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas.

8. Efek Samping Obat-Obatan

Ada obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menyebabkan ureum tinggi di dalam tubuh. Obat tersebut adalah obat diuretik (hidroklorotiazid, furosemid), antibiotik (gentamisin, kloramfenikol, neomisin, vankomisin), dan obat antihipertensi(metildopa, guanetidin). Konsultasikan pada dokter saat mengonsumsi obat tersebut.

9. Infeksi Saluran Kemih

Seseorang yang mengalami infeksi pada saluran kemih, dapat mengalami kadar ureum tinggi di dalam tubuh. Karena ureum seharusnya dibuang melalui urine. Kondisi ini sangat berisiko menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading