Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Tenggorokan Kering, Jangan Dikonsumsi Saat Sahur

Fimela.com, Jakarta Pada saat menjalankan puasa, biasanya tenggorokan akan terasa sangat kering. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Tenggorokan yang kering ini, juga bisa menyebabkan suara menjadi serak dan terjadi peradangan tenggorokan.

Saat memilih makanan untuk sahur, sebaiknya Sahabat Fimela menghindari makanan penyebab tenggorokan kering. Karena jika mengonsumsi makanan ini, bisa menyebabkan tenggorokan menjadi semakin kering saat berpuasa. Tentu saja hal ini bisa mengganggu kenyamanan saat beraktivitas di tengah menjalankan ibadah puasa.

Tenggorokan kering ini bisa juga dijadikan sebagai gejala penyakit tertentu. Sehingga Sahabat Fimela dapat mengonsultasikan kondisi ini pada dokter. Berikut makanan penyebab tenggorokan kering, jangan dikonsumsi saat sahur:

Makanan Penyebab Tenggorokan Kering

1. Makanan Manis

Makanan penyebab tenggorokan kering yang pertama, yaitu makanan manis atau makanan yang terlalu banyak mengandung gula tambahan. Mengkonsumsi makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan tenggorokan semakin kering, karena bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi. Bahkan makanan manis bisa membuat peradangan tenggorokan menjadi semakin parah.

2. Makanan Pedas

Hindari mengonsumsi makanan pedas saat sahur. Walaupun makanan pedas bisa membuat makanan menjadi lebih nikmat, tetapi makanan pedas merupakan makanan penyebab tenggorokan kering. Makanan pedas juga bisa membuat gangguan sistem pencernaan saat menjalankan aktivitas.

3. Gorengan

Tentu saja gorengan harus dihindari saat sahur. Karena kandungan minyak yang digunakan untuk menggoreng, memiliki kandungan minyak jenuh yang bisa mengiritasi tenggorokan. Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, karena gorengan juga bisa menyebabkan kolesterol.

Makanan Penyebab Tenggorokan Kering

4. Makanan Bertekstur Kering dan Keras

Makanan yang memiliki tekstur kering dan keras seperti pinggiran pizza, kue kering, tulang dan lain sebagainya, lebih baik dihindari pada saat sahur. Makanan bertekstur kering dan keras bisa meninggalkan serpihan di tenggorokan. Hal ini akan membuat tenggorokan menjadi kering dan luka. Hindari juga camilan-camilan seperti kerupuk, keripik kentang, atau popcorn yang teksturnya kering.

5. Makanan Asin

Makanan asin yang dikonsumsi saat sahur, bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan menjadi penyebab tenggorokan kering. Kandungan garam yang terlalu tinggi pada makanan asin, sangat tidak baik dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan makanan terlalu asin juga bisa menyebabkan hipertensi.

6. Es Krim

Walaupun menyegarkan, tetapi es krim atau minuman yang terlalu dingin lebih baik dihindari. Karena es krim memiliki suhu yang sangat dingin, sehingga membuat tenggorokan menjadi cepat kering dan suara berubah serak. Terlalu banyak mengonsumsi es krim juga bisa menyebabkan peradangan amandel yang berbahaya untuk tubuh.

7. Minuman Bersoda

Terakhir, hindari minuman bersoda atau minuman diet soda. Minuman ini mengandung gula tambahan, asam fosfat dan karbonat. Kandungan ini bisa mengiritasi tenggorokan, sehingga membuat peradangan tenggoroka, menimbulkan penyakit amandel, serta menyebabkan kerusakan pada bagian gigi dan mulut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading