Sukses

Health

9 Makanan Penyebab Kolesterol dan Asam Urat Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Ada baiknya memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari. Karena makanan yang bernutrisi tinggi dapat mengembalikan energi harian. Usahakan untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan, karena ada beberapa jenis makanan penyebab kolesterol dan asam urat.

Tingginya kolesterol dan asam urat di dalam tubuh, bisa menyebabkan seseorang terkena serangan jantung. Jika kadar asam urat meningkat, maka kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh akan meningkat juga. Saat seseorang mengalami kolesterol dan asam urat, tubuh akan sering kesemutan dan merasakan nyeri di area persendian.

Asam urat disebabkan karena kadar zat uric acid terlalu banyak di dalam darah. Sedangkan kolesterol disebabkan karena adanya penumpukan lemak jenuh. Untuk itu, hindari makanan penyebab kolesterol dan asam urat berikut ini:

Makanan Penyebab Kolesterol dan Asam Urat

1. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood adalah makanan pertama yang wajib dihindari. Makanan laut seperti lobster, ikan sarden, kerang dan kepiting serta udang, memiliki kandungan yang tinggi protein dan lemak jenuh, yang bisa jadi penyebab kolesterol dan asam urat meningkat. Kalau kamu ingin mengonsumsi makanan laut, konsumsilah ikan salmon atau ikan tuna yang aman dikonsumsi.

2. Jeroan

Apakah Sahabat Fimela suka mengonsumsi jeroan? Jeroan adalah bagian dalam tubuh hewan seperti hati, ampela, usus, babat, limpa, otak dan lain sebagainya. Jeroan termasuk makanan yang harus dihindari. Di dalam jeroan mengandung lemak jahat dan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan asam urat di dalam tubuh.

3. Daging Merah

Mengonsumsi daging merah yang dimasak seperti rendang, tentu saja memiliki kenikmatan tersendiri ketika disantap. Tetapi daging merah bisa meningkatkan kolesterol dan asam urat di dalam tubuh. Apalagi jika daging tersebut diolah menjadi makanan seperti sosis, nugget dan kornet. Begitu juga dengan daging putih yang berasal dari daging bebek dan burung puyuh.

Makanan Penyebab Kolesterol dan Asam Urat

4. Makanan yang Terlalu Manis

Tanpa disadari, ternyata makanan yang terlalu manis bisa meningkatkan kolesterol dan asam urat di dalam tubuh. Kandungan insulin yang terdapat pada tajil, bisa mempengaruhi kadar kolesterol dan asam urat. Bahkan bisa membuat seseorang diabetes karena tingginya kadar gula.

5. Kacang-Kacangan

Seseorang yang memiliki kolesterol dan asam urat juga harus menghindari kacang-kacangan, seperti kacang tanah dan kacang kedelai. Olahan dari kacang-kacangan juga sebaiknya dihindari. Kalau kamu ingin mengonsumsi kacang-kacangan, sebaiknya konsumsi kacang almond, kacang kenari atau kacang mete.

6. Makanan Mengandung Alkohol

Alkohol memang tidak boleh dikonsumsi. Alkohol juga bisa menurunkan sistem imunitas dan memicu komplikasi penyakit. Namun, ada beberapa makanan yang mengandung alkohol secara alami, seperti tape ketan, durian, brem dan tape singkong.

Makanan Penyebab Kolesterol dan Asam Urat

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food memang sangat praktis untuk dikonsumsi, bagi orang yang tidak sempat memasak. Tetapi makanan cepat saji ini digoreng menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh, dan melalui proses masak yang bisa mengurangi kandungan gizi dalam makanan tersebut. Sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol, asam urat dan membuat sistem pencernaan menjadi tidak lancar.

8. Jamur

Jamur termasuk makanan yang bisa menyebabkan kolesterol dan asam urat. Karena jamur memiliki kandungan purin yang tinggi, yang membuat kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh naik. Jika ingin mengonsumsi jamur, lebih baik konsumsi sedikit saja. Karena dalam 100gram jamur terdapat 12-17gram purin.

9. Produk Olahan Susu Sapi

Terkahir, hindari mengonsumsi produk olahan susu sapi. Walaupun bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan berprotein tinggi, tapi susu sapi mengandung lemak yang tinggi kolesterol dan asam urat. Produk olahan susu sapi juga bisa menyebabkan diare bagi orang yang intoleran laktosa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading