Sukses

Food

5 Makanan Penyebab Pipi Tembem yang Sebaiknya Dihindari

Fimela.com, Jakarta Pipi tembem atau yang disebut denganĀ chubby, bisa membuat seseorang percaya diri karena terlihat menggemaskan. Tetapi ada juga sebagian orang yang tidak percaya diri memiliki pipi tembem. Hal ini disebabkan karena pipi tembem membuat seseorang tampak kelebihan berat badan.

Tanpa disadari, ternyata pipi tembem dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan. Pipi tembem bisa juga disebabkan karena faktor keturunan, sebab memiliki bentuk wajah yang bulat. Ada juga yang disebabkan karena pengaruh reaksi alergi atau memiliki kondisi penyakit tertentu.

Tak perlu khawatir jika Sahabat Fimela memiliki pipi tembem, yang disebabkan karena sering mengonsumsi makanan penyebab pipi tembem. Sebaiknya makanan tersebut dihindari dan mengganti dengan makanan yang bernutrisi. Berikut makanan penyebab pipi tembem yang sebaiknya dihindari:

Makanan Penyebab Pipi Tembem

1. Makanan Tinggi Garam

Makanan penyebab pipi tembem yang pertama adalah makanan tinggi garam. Garam memiliki kandungan sodium yang bisa mengikat air di dalam tubuh. Sehingga terlalu sering mengonsumsi makanan yang tinggi garam, akan menyebabkan pipi tembem.

2. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, kerbau, domba, kambing, kuda, dan babi termasuk makanan penyebab pipi tembem. Karena daging merah mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan obesitas. Sebaiknya kurangi mengonsumsi daging merah, termasuk daging merah olahan.

3. Produk Olahan Susu

Selain itu, mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menyebabkan pipi tembem. Walaupun produk olahan susu bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, tetapi kalori yang terkandung dalam produk olahan susu sangat tinggi. Produk olahan susu juga bisa meningkatkan risiko terkena peradangan jerawat, yang bisa membuat pipi menjadi bengkak dan tampak tembem.

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan bisa dijadikan sebagai nasi untuk dijadikan sebagai penambah energi harian. Namun di dalam karbohidrat olahan memiliki kandungan yang tinggi gula. Selain menyebabkan pipi tembem, karbohidrat olahan juga bisa menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas.

5. Alkohol dan Soda

Terakhir, ada alkohol dan soda yang bisa menjadi penyebab pipi tembem. Kandungan gula tambahan yang terdapat dalam alkohol dan soda, sangat berbahaya untuk tubuh. Minuman ini juga mengakibatkan tubuh dehidrasi, sehingga tubuh akan mengikat air yang membuat pipi terlihat lebih gemuk.

Ā 

Penyebab Pipi Tembem yang Lainnya

1. Kurang Vitamin dan Mineral

Ternyata ada faktor lain yang menyebabkan pipi tembem selain makanan. Jika Sahabat Fimela kurang mengonsumsi vitamin dan mineral, maka bisa menyebabkan pipi terlihat tembem. Apalagi jika tubuh terlalu dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga membutuhkan air putih untuk mencegah terjadinya pipi tembem.

2. Stres

Pipi tembem juga bisa disebabkan karena stres. Pada saat seseorang mengalami stres, akan muncul sindromĀ cushingĀ yang disebabkan karena hormon kortisol meningkat di dalam tubuh. Ketika pikiran sedang stres, ada sebagian orang yang melampiaskan stres dengan mengonsumsi makanan. Hal ini juga bisa menyebabkan pipi tembem.

3. Kurang Olahraga

Tentunya olahraga sangat berpengaruh terhadap bentuk tubuh seseorang. Kurang melakukan olahraga bisa jadi penyebab pipi tembem. Untuk itu, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin dengan intensitas sedang. Karena olahraga bisa mencegah obesitas dan membantu melancarkan peredaran darah.

4. Gangguan Kesehatan

Pipi tembem juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan yang dialami seseorang. Gangguan kesehatan yang menyebabkan pipi tembem adalah sakit gigi, reaksi alergi, infeksi sinus, gigitan serangga dan lain sebagainya. Kondisi ini bisa segera dikonsultasikan pada dokter, agar mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi.

5. Efek Samping Obat-Obatan

Ada beberapa obat-obatan yang memiliki pengaruh menyebabkan pipi tembem. Efek samping obat-obatan ini biasanya terjadi pada obat steroid. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi peradangan. Penggunaan obat steroid ini harus dalam pengawasan dokter, agar tidak memberikan efek samping yang lebih membahayakan.

6. Sering Begadang

Begadang adalah kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari. Begadang bisa membuat tubuh mengalami obesitas, sehingga berpengaruh terhadap pipi tembem. Saat begadang, peredaran darah akan menjadi tidak lancar dan beberapa organ tubuh tidak bekerja dengan baik. Sebaiknya hindari begadang, demi kesehatan tubuhmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading