Sukses

Health

7 Daftar Makanan Penyebab Air Ketuban Keruh yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Kehamilan adalah momen terindah yang dialami sepasang suami istri. Saat masa kehamilan, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin di dalam tubuh, dan kesehatan ibu hamil.

Salah mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan air ketuban menjadi keruh. Air ketuban memiliki fungsi untuk melindungi janin di dalam kandungan. Jika air ketuban berubah menjadi keruh akan berbahaya untuk keselamatan janin. Janin yang menelan air ketuban keruh dapat mengalami infeksi hingga kematian.

Sebaiknya ibu hamil menghindari makanan penyebab air ketuban keruh. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Berikut daftar makanan penyebab air ketuban keruh, dilansir berbagai sumber:

Makanan Penyebab Air Ketuban Keruh

1. Kismis Kering

Makanan penyebab air ketuban keruh yang pertama adalah kismis kering. Kismis memiliki rasa yang nikmat, tetapi memiliki gula yang kurang baik untuk ibu hamil. Tingginya kadar gula yang terkandung di dalam kismis kering, bisa meningkatkan kadar gula pada ibu hamil dan membuat air ketuban menjadi keruh.

2. Kue Kering

Kue kering sering dikonsumsi sebagai camilan. Namun dalam proses pembuatan kue kering, terdapat kandungan gula dan tepung yang kurang baik untuk kesehatan. Sebaiknya ibu hamil menghindari kue kering, untuk mencegah terjadinya air ketuban menjadi keruh.

3. Gorengan

Gorengan termasuk makanan yang mengandung minyak jenuh. Kandung minyak jenuh ini bisa meningkatkan kadar kolesterol pada ibu hamil. Selain bisa menyebabkan air ketuban keruh, minyak jenuh juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan hipertensi yang berbahaya untuk ibu hamil.

4. Sayuran dan Buah yang Tidak Dicuci Bersih

Sebaiknya cuci sayuran dan buah sampai benar-benar bersih. Walaupun memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, tetapi sayuran dan buah yang tidak dicuci bersih memiliki kandungan peptisida. Akan sangat berbahaya jika ibu hamil mengkonsumsi peptisida, sehingga menyebabkan air ketuban keruh, mual-mual hingga gangguan sistem pencernaan.

Makanan Penyebab Air Ketuban Keruh

5. Makanan yang Belum Matang

Air ketuban keruh bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang belum matang. Ada banyak bakteri yang menempel pada makanan setengah matang, sehingga tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Perhatikan tingkat kematangan pada makanan sebelum dikonsumsi.

6. Alkohol

Selain makanan, minuman yang mengandung alkohol dan soda sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena minuman ini memiliki kadar gula tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Minuman ini bisa membuat air ketuban menjadi keruh,menyebabkan kerusakan otak pada janin, hingga menyebabkan keguguran.

7. Jus Buah

Walaupun buah-buahan menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi, tetapi minum jus buah wajib dihindari untuk ibu hamil. Biasanya jus buah memiliki kandungan gula tambahan, yang bisa menyebabkan diabetes. Apalagi jika mengkonsumsi jus buah kemasan yang mengandung pengawet.

Gejala Air Ketuban Keruh

Tak hanya makanan dan minuman saja yang menyebabkan air ketuban menjadi keruh. Air ketuban keruh bisa disebabkan karena adanya infeksi pada plasenta. Infeksi ini disebut dengan Chorioamnionitis.

Kondisi ini harus diwaspadai segera, agar janin dan ibu tetap sehat. Ibu hamil yang mengalami kondisi ini, biasanya ditandai dengan gejala nyeri pada bagian rahim, demam tinggi selama beberapa hari, denyut nadi menjadi lebih cepat. Saat mengalami infeksi, air ketuban akan berubah keruh dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Sebaiknya Sahabat Fimela segera berkonsultasi pada dokter, saat mengalami gejala-gejala tertentu pada masa kehamilan. Jika segera menghubungi dokter, maka kondisi ibu dan janin akan terselamatkan. Tak perlu takut untuk rutin berkonsultasi dengan dokter, demi kesehatan janin dan ibu.

 

Loading