Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Kanker Otak yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Kanker otak adalah penyakit yang membahayakan dan membunuh nyawa. Kanker otak ini harus diwaspadai dan segera dicegah. Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi kanker semakin buruk, seperti mengonsumsi makanan penyebab kanker otak.

Otak adalah organ paling penting di tubuh manusia. Karena otak dapat memberikan perintah kepada organ di seluruh tubuh. Seseorang yang mengalami kanker otak, biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala yang tak kunjung sembuh, mudah lelah, sering insomnia dan mudah lelah.

Jika Sahabat Fimela mengalami sakit kepala yang tak kunjung sembuh, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Mulailah pola hidup yang lebih sehat untuk mencegah kanker dan menjaga sistem imunitas tubuh menjadi kuat. Berikut makanan penyebab kanker otak yang harus diwaspadai:

Makanan Penyebab Kanker Otak

1. Makanan Berjamur

Makanan penyebab kanker otak yang pertama adalah makanan berjamur, seperti jamur Aspergillus flavus. Jamur ini biasanya berkembangbiak dan menjadi parasit pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Sahabat Fimela harus mewaspadai jamur tersebut. Jika makanan ini sampai kemakan, maka akan menjadi parasit di dalam tubuh.

2. Daging Merah

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah, dapat menyebabkan kanker. Kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalam daging merah, dapat memicu tumor otak glioma. Bahkan daing merah juga mengandung kolin, yang menyebabkan pengentalan darah di bagian otak manusia.

3. Ikan Asin

Makanan yang memiliki rasa asin memang bisa menambah kenikmatan tersendiri. Tetapi makanan yang terlalu asin seperti ikan asin, dapat menyebabkan kanker otak semakin parah. Ikan asin mengandung N-nitrosodimethylamine dan N-nitroso yang meningkatkan risiko kanker. Walaupun rasanya nikmat, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan asin.

Makanan Penyebab Kanker Otak

4. Makanan Kemasan

Makanan kemasan adalah makanan pemicu kanker. Karena makanan kemasan mengandung micin dan bahan pengawet yang berbahaya untuk tubuh. Selain itu, biasanya makanan kemasan mengandung gula tinggi dan garam yang tinggi. Makanan kemasan dapat mengganggu masa pertumbuhan anak-anak, pemicu diabetes dan kanker otak.

5. Makanan Asap

Makanan penyebab kanker otak yang selanjutnya adalah makanan yang diasap. Makanan asap mengandung 15 jenis hidrokarbon aromatik polisiklik. Kandungan tersebut dapat memicu kanker dan membuat sistem imunitas manusia menurun. Mengkonsumsi makanan asap sama dengan menghirup asap rokok, asap bakaran atau asap lainnya.

6. Buah Kering

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Tetapi mengkonsumsi buah kering tidak baik untuk tubuh. Buah kering mengandung pengawet dan kadar gula yang tinggi. Selain menyebabkan kanker otak, buah kering juga bisa menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

7. Alkohol

Alkohol adalah minuman yang bisa meningkatkan risiko kanker otak. Ada beberapa olahan makanan yang diolah dengan alkohol. Bahkan makanan seperti tape, brem, durian dan makanan fermentasi lainnya menghasilkan kandungan alkohol. Sebaiknya alkohol dihindari, karena bisa menyebabkan kesadaran hilang dan meningkatkan risiko kanker.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading