Sukses

Health

7 Makanan Tinggi Purin Penyebab Asam Urat yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan dengan olahraga dan istirahat cukup saja tidak cukup jika kamu ingin terbebas dari masalah asam urat. Salah satu kebiasaan sehat yang juga harus diterapkan adalah menjaga pola makan dan memilih makanan yang tepat untuk kondisi tubuh. Karena bagaimana pun tidak semua makanan sehat baik untuk tubuh, apalagi jika kamu memiliki asam urat tinggi.

Apa itu purin dan asam urat?

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh agar kadar asam urat di tubuh tidak melonjak adalah menghindari makanan-makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Dilansir dari Medical News Today, purin merupakan senyawa organik yang wajar ada di dalam tubuh. Purin akan terurai menjadi zat limbah yang disebut asam urat, dan jika kadar asam urat ini terlalu tinggi, akan menyebabkan rasa nyeri dan kaku di persendian dan tendon dan bahkan dapat membentuk batu ginjal.

Apa makanan yang harus dihindari jika mengalami asam urat? Ini sekian makanan tinggi purin yang seharusnya dihindari jika kamu berisiko besar mengalami masalah asam urat.

1. Daging bebek

Daging bebek bukan hanya mengandung kolesterol tinggi tapi juga purin tinggi sehingga mudah membuat penderita asam urat merasakan nyeri, kebas dan mati rasa di persendian dan otot tubuh.

2. Daging merah

Hindari daging sapi, kambing, domba, rusa, babi dll. Konsumsi dengan porsi kecil masih diperbolehkan. Tapi penderita asam urat harus sangat menjaga dan membatasi asupannya karena kandungan purin yang tinggi.

3. Makanan laut

Makanan laut seperti ikan tuna, sarden, teri, herring, remis, codfish, scallop, trout, udang, teri, kepiting, lobster dll. Meski tentu ada beberapa makanan laut rendah purin, tapi hampir seluruh makanan boga bahari tinggi akan purin. Makan dalam porsi kecil masih diperbolehkan tapi imbangi dengan olahraga dan minum obat. Akan lebih baik lagi jika menghindari daripada mengambil risiko meningkatkan asam urat.

4. Daging jeroan

Daging organ atau jeroan seperti hati, ginjal, ampela, usus, babat, kelenjar timus dll. Bukan hanya tinggi kolesterol sehingga bisa meningkatkan risiko mengalami tekanan darah tinggi, makan jeroan juga meningkatkan kadar asam urat karena purin yang tinggi.

5. Minuman berpemanis

Batasi atau hindari minuman manis apa pun yang mengandung fruktosa. Purin yang ditemukan dalam sirup jagung fruktosa tinggi dapat meningkatkan pengkritalan asam urat. Hindari juga makanan berpemanis buatan seperti seperti sereal manis, biskuit dan permen.

6. Makanan tinggi lemak

Lemak menahan asam urat di ginjal, jadi seseorang harus menghindari makanan yang digoreng, produk susu penuh lemak, makanan penutup yang kaya, dan makanan berlemak tinggi lainnya.

7. Alkohol

Bir dan wiski mengandung purin tinggi, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa semua konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi, yang menghambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat.

Jadi, sebaiknya hindari sekian makanan tinggi purin di atas ya Sahabat Fimela agar tidak memperparah masalah asam urat di tubuh.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading