Sukses

Health

7 Cara Makan Sehat agar Tidak Gampang Lapar

Fimela.com, Jakarta Setiap hari tubuh membutuhkan makanan untuk diubah menjadi energi dan digunakan untuk beraktivitas, baik aktivitas fisik maupun aktivitas metabolisme di dalam badan. Makan makanan yang tepat sebenarnya tidak akan membuatmu mudah merasa lapar, tapi banyak orang sering merasa lapar di waktu-waktu tertentu sehingga membuatnya lebih banyak makan.

Jika dilanjutkan, kebiasaan banyak makan ini tanpa sadar akan memicu kegemukan bahkan obesitas karena sebenarnya kalori makanan tidak benar-benar dugunakan seluruhnya. Nah, untuk mengatasi masalah agar badan tidak mudah rasa lapar, ini sekian cara yang bisa dilakukan.

1. Makan cukup protein

Protein akan diproses lebih lama di dalam pencernaan sehingga tubuh akan dipaksa menggunakan kalori yang tersimpan di dalam tubuh, bukan yang langsung didapat dari makanan.

2. Makan makanan berserat

Makanan kaya serat akan secara alami membuat perut kenyang lebih lama karena serat juga akan dicerna lebih lama dan mampu menekan selera makan.

3. Banyak minum air putih

Air putih tidak memiliki kalori sehingga sangat baik menekan nafsu makan atau mengenyangkan perut tanpa khawatir terlalu banyak makan.

4. Makan makanan padat

Pilih makan makanan padat daripada cair seperti bubur, jus dan semacamnya karena selain kurang serat, makanan cair juga tidak memberikan kepuasan mengunyah yang dihasilkan oleh makanan padat yang mengenyangkan.

5. Makan perlahan

Makan perlahan juga akan membantu perut kenyang dengan cepat karena kamu mudah bosan dengan proses mengunyah yang lama. Secara alami mengunyah perlahan akan mengurangi nafsu makan.

6. Cukup tidur

Tidur yang cukup secara menakjubkan juga mampu mengurangi nafsu makan karena bisa menkan hormon ghrelin di malam hari yang menyebabkan perasaan ingin ngemil.

7. Menjaga kadar stres tubuh

Sebisa mungkin menghindari stres harian karena itu sangat membantu dalam menjaga nafsu makan juga. Akan selalu ada alasan ingin makan junk food saat stres.

Jadi, jika sekiranya kamu merasa mudah lapar dan selalu ingin makan padahal sudah makan, coba sekian cara di atas ya.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading