Sukses

Health

Waspada Mom, Ini 5 Bahaya Kurang Tidur Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Menjalani peran sebagai ibu baru memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal baru yang harus dipelajari oleh ibu baru. Ada juga bermacam-macam momen yang hanya ditemukan setelah menikah, hamil bahkan melahirkan. Karena banyaknya hal baru ini, tak jarang ibu baru akan merasa sangat lelah. Beberapa bahkan kurang tidur setelah melahirkan. 

Melansir dari laman asianparents.com, saat ibu melahirkan kurang tidur, ini bisa sangat berbahaya buat kesehatan fisik pun psikisnya. Kurang tidur bahkan bisa meningkatkan risiko baby blues atau gangguan suasana hati yang dialami Mom setelah melahirkan

Lantas, apa saja bahaya kurang tidur setelah melahirkan?

1. Suasana Hati Tidak Stabil

Bahaya yang pertama adalah suasana hati yang tidak stabil. Mom akan lebih mudah marah, menangis, kecewa bahkan saat tidak terjadi apa-apa. Perasaan Mom akan sangat sensitif karena kurang tidur juga memicu kelahan kronis. 

2. Kurang Fokus

Kurang tidur juga akan menurunkan kemampuaj berpikir Mom. Kurang tidur rentan membuat Mom tidak fokus. Ini bahkan meningkatkan risiko Mom kurang teliti dan kurang maksimal dalam merawat serta mangasuh buah hati. 

3. Menurunkan Sistem Imun Tubuh

Tubuh yang terlalu lelah akibat kurang tidur bisa menurunkan sistem kekebalan atau sistem imun tubuh. Kurang tidur bisa berpengaruh besar terhadap stamina fisik pun psikis. 

4. Gairah Seksual Menurun

Penelitian menemukan jika kelelahan karena mengurus bayi, kurang tidur dan asupan nutrisi yang kurang maksimal bisa menurunkan gairah seksual. Para ahli mengungkapkan jika salah satu penyebab utama kenapa perempuan kehilangan gairah seksual setelah melahirkan adalah karena ia terlalu lelah serta kurang tidur.

5. Kecemasan dan Depresi

Satu lagi bahaya yang sering mengintai Mom setelah melahirkan karena kurang tidur adalah kecemasan dan depresi. Risiko depresi akan meningkat berkali-kali lipat saat Mom kelelahan hebat dan kurang tidur . Ditambah dukungan dari suami, orangtua dan mertua juga orang-orang sekitar yang kurang, bisa meningkatkan risiko depresi yang ada. 

Itulah beberapa bahaya dari kurang tidur setelah melahirkan. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading