Sukses

Health

5 Penyebab Kaki Terasa Ngilu yang Bikin Nggak Nyaman Saat Jalan

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan dari kita sering mengalami masalah kaki di beberapa bagian titik, beberapa diantaranya dapat disebabkan karena jarang bergerak atau jalan dan melakukan aktivitas berlebih di luar ruangan. Akan tetapi beberapa penyebab ungu juga dapat terjadi seperti alas kaki yang tidak tepat, meskipun sakit kaki sering disepelekan tetapi hal ini dapat menandakan masalah yang cukup serius.

Beberapa orang sering mengalami kaki yang terasa sangat ngilu, akan tetapi hal ini lebih sering terjadi ketika mereka memiliki usia 30 tahun lebih. Kaki yang terasa sangat ngilu biasanya bersamaan dengan rasa kesemutan pada bagian kaki, terkadang hal ini tidak membutuhkan perawatan yang serius tetapi dapat menjadi tanda adanya masalah serius.

Salah satu kemungkinan penyebab kaki terasa ngilu adalah kapalan atau kesemutan yang mungkin kita alami, terkadang hal ini membuat kita tidak nyaman dan dapat terjadi saat sebelum tidur. Berikut beberapa penyebab kaki terasa ngilu yang mungkin kamu alami:

1. Kapalan

Kapalan merupakan salah satu masalah pada bagian kaki terutama area kulit yang menebal ketika banyak tekanan yang terbentuk. Lepuh terbentuk dengan cara yang sama, kecuali Lebuh adalah kantong cairan yang menumpuk di lapisan atas kulit.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kapalan tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya, tindakan yang tepat untuk mencegah lecet dan kapalan yang mungkin kamu alami yaitu menggunakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman serta pas selain itu juga perlu menjaga kelembapan kaki.

2. Kuku Kaki yang Tumbuh ke Dalam

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam biasanya terjadi ketika ujung kuku jari kaki bergesekan dengan kulit jari kaki, biasanya kamu akan melihat kuku jari kaki terlihat merah serta bengkak. Selain itu pada kasus yang parah dapat menyebabkan nanah serta muncul di dekat tempat yang ter infeksi, kuku kaki yang tunggu ke dalam biasanya sangat kasar dan menyakitkan akan tetapi hal ini biasanya mudah diobati.

3. Alas Kaki yang Tidak Nyaman

Alas kaki yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab paling umum nyeri kaki, hal ini biasanya termasuk sepatu yang terlalu ketat dan dapat membuat otot kaki menjadi sakit. Ada baiknya jika kamu menggunakan sepatu yang pas dan menghindari sepatu hak tinggi, jika kamu sedang melakukan aktivitas fisik seperti berjalan maupun berlari dalam jangka panjang perlu menggunakan sepatu dengan banyak penyangga.

4. Cedera Akut

Cedera akut terkadang menyakitkan dan biasanya memerlukan perawatan yang ringan, beberapa cedera bahkan dapat dirawat di rumah, cedera akut yang umum adalah Tendonitis Achilles. Ini merupakan penggunaan tendon yang berlebih pada bagian kaki selain itu hal ini juga dapat di obati di rumah dengan mengistirahatkan kaki dan tungkai atau menjaga pergelangan kaki agar tetap tegak.

5. Terlalu Sering Menggunakan Kaki

Jika kamu terlalu sering berdiri, berjalan kaki tentu biasanya bagian kaki akan mulai terasa sakit. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu selalu berjalan untuk bekerja, berlari, atau berada pada acara yang mengharuskan kamu untuk berdiri berjam jam. Hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengistirahatkan otot otot kaki, selain itu kamu juga perlu memilih sepatu yang pas dan beberapa sepatu yang memiliki sol untuk melindungi kaki.

Kaki yang terasa sangat ngilu biasanya sering disepelekan tetapi ternyata hal ini dapat menjadi masalah yang cukup serius dan menandakan kondisi pada bagian kaki, ketika kamu mengalami kaki yang ngilu ada baiknya untuk mengisitrahatkan dan meregangkan kaki agar tidak tegang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading