Sukses

Beauty

Intip 6 Tips Praktis Perawatan Kulit Kering pada Kaki dan Tangan

Fimela.com, Jakarta Memiliki tangan kering adalah hal kerap menyebalnya, karena sangat mengganggu kenyamanan. Meskipun secara teknis bukan kondisi yang berbahaya, ini bisa menjadi kondisi yang jika didiamkan akan semakin bertambah parah. Dalam kebanyakan kasus, tangan kering disebabkan oleh kondisi lingkungan. Cuaca, misalnya, bisa menyebabkan tangan kering. Sering mencuci tangan, terpapar bahan kimia, dan kondisi medis tertentu juga dapat mengeringkan kulit tangan.

Dikutip dari healthline.com, Ada beberapa cara untuk menjaga kulit kamu tetap terhidrasi, apa pun penyebabnya. Pelajari lebih lanjut tentang pengobatan untuk kekeringan, cara mencegahnya, serta apa saja penyebab dari kulit tangan dan kaki bisa menjadi kering serta cara agar kulit kamu dapat terhidrasi kembali. 

 

Kenali Penyebab Kulit Kering pada Kaki dan Tangan

Cuaca

Selama bulan-bulan yang lebih dingin, biasanya kulit kamu dapat menjadi lebih kering. Perubahan iklim, terutama cuaca dingin tanpa banyak uap air di udara, dapat menyebabkan tangan menjadi kering. Penurunan kelembapan di udara menarik kelembapan dari kulit.

Kondisi tempat kerja

Kondisi tempat kerja juga dapat menyebabkan tangan kering. Orang dengan pekerjaan yang membutuhkan cuci tangan yang ekstensif, seperti perawat, dokter, atau guru, mungkin memperhatikan tangan kering. Pekerja pabrik atau penata rambut mungkin secara rutin terpapar bahan kimia atau iritasi keras lainnya. Ini juga bisa menyebabkan tangan kering.

Kondisi medis

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan tangan kering atau membuat seseorang berisiko mengalami tangan kering lebih sering. Misalnya, orang dengan gangguan autoimun, seperti diabetes atau lupus, mungkin mengalami penurunan sirkulasi darah ke tangan. Hal ini menyebabkan tangan mereka lebih mudah teriritasi. Eksim dan psoriasis, dua kondisi yang menyebabkan peradangan kulit, juga dapat menyebabkan tangan kering, kulit mengelupas, dan pecah-pecah.

Perawatan Kulit Kering pada Kaki dan Tangan

Mosturizer

Oleskan krim atau krim pelembap berkualitas beberapa kali sehari. Lotion dan krim membantu mengembalikan kelembapan dan menjaga kelembabannya kembali ke dalam kulit.

Pakai sarung tangan

Jika tangan kamu sering terendam air, seperti saat mencuci piring, pertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan. Sarung tangan membantu mencegah air menghilangkan minyak alami dari permukaan kulit.

Mengurangi stres

Ini mungkin terdengar gila, tetapi mungkin ada hubungan kecil antara stres dan eksim. Jadi jika kamu melihat tangan kamu rusak karena kulit kering yang disebabkan oleh eksim, luangkan waktu untuk perawatan diri untuk mengurangi stres.

Tanyakan kepada dokter tentang terapi sinar UV

Dalam beberapa kasus psoriasis parah, terapi ultraviolet (UV) juga dapat membantu kulit menyembuhkan dirinya sendiri. Namun, kamu harus berbicara dengan dokter kamu sebelum mencoba segala jenis terapi UV.

Rawat kulit semalaman

Salah satu solusi terbaik untuk tangan kering adalah dengan mengoleskannya di malam hari dengan pelembap berbahan dasar minyak bumi, seperti Vaseline. Setelah itu, tutupi tangan kamu dengan sepasang sarung tangan atau kaus kaki yang lembut. Menjebak pelembap akan membantunya menyerap lebih banyak ke dalam kulit kamu, dan kamu akan bangun dengan permukaan kulit tangan yang lembut.

Konsultasi ke dokter kulit

Untuk kulit yang sangat kering dan bersisik, dokter mungkin akan merekomendasikan krim khusus yang mengandung asam laktat atau urea. Bahan-bahan ini membantu menyingkirkan kulit kering dan bersisik.

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading