Sukses

Beauty

3 Penyebab Kulit Kering saat Hamil di Trimester Pertama

Fimela.com, Jakarta Saat hamil banyak perubahan yang dialami. Mulai dari naiknya berat badan, kaki bengkak, hingga kulit kusam. Masalah ini sering kali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Apalagi kulit yang kusam dan bersisik.

Perubahan hormon yang juga berdampak pada perubahan kandungan minyak dan elastisitas kulit. Tak hanya dari dalam, ternyata ada juga faktor-faktor dari luar yang menjadi penyebab kulit kering saat hamil. Untuk itulah, ibu hamil perlu perawatan khusus pada bagian kulitnya.

Berikut ini adalah tiga penyebab kulit kering saat hamil. Simak penjelasannya di bawah ini.

Terlalu Banyak Terkena Paparan Sinar Matahari

Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, nyatanya terlalu sering terkena paparan sinar matahari pun memiliki efek buruk bagi kulit. Sinar ultraviolet A (UVA) yang dihasilkan oleh matahari dapat menembus lapisan epidermis kulit, sehingga berpotensi menyebabkan penebalan epidermis dan stratum korneum, serta merusak serat elastis kulit. Untuk itu, kamu sebaiknya tetap menggunakan sunscreen meski sedang hamil. Namun, tentunya kamu perlu memilih produk sunscreen yang aman untuk ibu hamil.

Kekurangan Cairan

Tak hanya membuat dehidrasi, kekurangan air selama kehamilan juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk lebih banyak meminum air putih lantaran cairan di dalam tubuh diserap lebih banyak oleh janin. Selain mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membahayakan kandungan, mengonsumsi air dalam kadar yang cukup juga akan membantu mengunci kelembapan dari dalam, sehingga kulit pun tidak menjadi kering.

Kurang Konsumsi Buah dan Sayur

Selain dua hal di atas, kurangnya konsumsi buah dan sayur juga dapat menyebabkan masalah kulit pada ibu hamil. Kandungan nutrisi pada buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan kulit, jadi pastikan ibu hamil rutin mengonsumsinya.

Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Bukan berarti saat hamil kamu mengabaikan hal ini. Tetap merawat diri saat hamil sangat penting, karena sebagai bentuk dari self love. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading