Sukses

Beauty

7 Penyebab Kulit Kering Bersisik dan Rekomendasi Skincare untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sedang mengalami masalah kulit kering dan bersisik? Masalah kulit ini sangat mengganggu penampilan, dan membuat rasa kepercayaan diri seorang perempuan menurun. Penyebab kulit kering dan bersisik ini harus segera dihindari.

Salah satu penyebab kulit kering bersisik yang umum terjadi adalah karena faktor usia. Hal ini sangat wajah dialami perempuan. Karena seiring bertambahnya usia, maka kelembapan kulit akan berkurang. Sehingga tekstur lapisan kulit akan tampak kering bersisik.

Tak perlu khawatir saat memiliki kulit kering bersisik. Karena kondisi kulit ini dapat diatasi dengan menggunakan produk skincare yang tepat. Berikut penyebab kulit kering bersisik, dan juga rekomendasi skincare yang cocok untuk mengatasi masalah kulit kering bersisik:

Penyebab Kulit Kering Bersisik

1. Faktor Usia

Penyebab kulit kering bersisik yang pertama yaitu karena faktor usia. Saat memasuki usia 25tahun lebih, Sahabat Fimela harus lebih ekstra melakukan perawatan kulit. Karena seiring bertambahnya usia, produksi minyak alami dan kolagen di kulit menurun. Sehingga kulit kehilangan kelembapan dan menyebabkan tekstur kulit jadi kering bersisik.

2. Faktor Keturunan

Apakah Sahabat Fimela memiliki anggota keluarga yang jenis kulitnya kering? Jika ada anggota keluarga, entah ayah atau ibu memiliki kulit kering, biasanya keturunannya akan memiliki kulit kering bersisik. Walaupun faktor keturunan merupakan penyebab kulit kering bersisik, tetapi jangan menyalahkan keluarga, ya.

3. Tubuh Dehidrasi

Saat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, maka akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kulit. Kulit yang dehidrasi akan kehilangan kelembapan, dan menyebabkan tekstur kulit jadi kering bersisik. Untuk itu, penuhi asupan cairan setiap hari, dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter sehari.

4. Sering Mencuci Wajah

Aktivitas mencuci wajah sangat baik dilakukan, untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu atau sisa riasan. Tetapi terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit kering bersisik. Ada baiknya cukup mencuci wajah sebanyak 3 kali sehari saja, yaitu pada pagi, siang atau sore, dan malam sebelum tidur.

Penyebab Kulit Kering Bersisik

5. Sering Menggunakan Makeup

Penggunaan makeup yang terlalu sering bisa jadi penyebab kulit kering bersisik. Karena ada beberapa produk makeup yang bisa menyerap minyak, seperti produk makeup dengan klaim hasil akhir yang matte. Ada baiknya menggunakan pelembap terlebih dulu sebelum menggunakan makeup. Hindari menggunakan makeup dengan klaim hasil akhir matte.

6. Efek Samping Obat-Obatan

Jika sedang mengonsumsi obat-obatan khusus seperti obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid, dan obat-obatan kemoterapi, akan sangat wajar kalau kulit menjadi kering dan bersisik. Karena obat tersebut bisa membuat tubuh dehidrasi, sehingga konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

7. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab kulit kering bersisik yang terakhir adalah karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Pancaran sinar matahari bisa merusak lapisan kulit, bahka dapat membakar kulit. Lebih baik gunakan tabir surya setiap pagi dan siang hari, baik di dalam maupun luar lapangan. Penggunaan topi dan payung juga bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Rekomendasi Skincare Kulit Kering Bersisik

1. Wardah Purifying Moisturizer Gel

Rekomendasi skincare untuk kulit kering bersisik yang pertama adalah Wardah Purifying Moisturizer Gel. Produk ini merupakan pelembap yang memiliki kandungan vitamin E, Pro-Vitamin B5 hingga ekstrak buah Chamomile. Produk ini sangat cocok digunakan untuk melembapkan kulit kering bersisik, serta bisa digunakan setiap hari pada pagi dan siang hari.

2. Bioderma Atoderm Intensive Baume

Bioderma Atoderm Intensive Baume adalah produk yang bisa membantu mengatasi kulit kering, bersisik dan sensitif. Produk ini memiliki kandungan utama Glycerin, sunflower seed oil, canola oil, ceramide, vitamin E, dengan tekstur krim yang mampu melembapkan kulit. Bahkan produk ini bisa berfungsi untuk memperbaiki skin barrier yang rusak, menghilangkan rasa gatal, dan membuat kulit kenyal.

3. Safi Dermasafe Soothe & Hydrate

Jika ingin menggunakan pelembap untuk siang hari, skincare yang tepat untuk digunakan adalah Safi Dermasafe Soothe & Hydrate. Kandungan Niacinamide, alpha-bisabolol, sodium hyaluronate, chamomile extract, liquorice extract, dapat membantu memperbaiki tekstur bersisik dan ringan digunakan. Produk ini juga bisa mengecilkan pori-pori. Dengan tesktur gel, pelembap ini mampu memberikan efek dingin untuk kulit kering bersisik.

4. The Body Shop Vitamin E Moisture Cream

Vitamin E adalah kandungan yang paling tepat untuk mengatasi kulit kering bersisik. Produk The Body Shop Vitamin E Moisture Cream diperkaya dengan kandungan vitamin E. Produk ini memiliki tekstur krim, yang mampu menutrisi kulit hingga lapisan yang terdalam. Pelembap ini bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit kering bersisik.

5. Bio Oil Dry Skin Gel

Rekomendasi skincare yang terakhir adalah Bio Oil Dry Skin Gel. Produk dengan bahan utama mineral oil, mampu melembapkan kulit, menghidrasi dan memperbaiki tekstur kulit kering bersisik. Produk ini juga diperkaya dengan kandungan urea, niacinamide, hyaluronic acid, glycerine, serta shea butter yang baik untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading