Sukses

Health

5 Penyebab Tangan Bergerak Sendiri yang Sering Tidak Disadari

Fimela.com, Jakarta Tangan yang bergerak sendiri merupakan kondisi neurologis langka yang dapat menyebabkan satu tangan berkehendak sendirinya, terkadang kake juga akan terpengaruhi hal ini. Hal ini memiliki nama lain sindrom tangan alien, ketika tangan tidak berada di bawah kendali pikiran dan bergerak seolah olah memiliki pikirannya sendiri.

Ternyata tangan yang bergerak sendiri dapat menyerang anak anak, meskipun biasanya hal ini dapat terjadi pada orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, beberapa orang akan mengembangkan sindrom satu ini setelah mengalami stroke, terauma, atau tumor. Tak hanya itu hal ini juga dikaitkan dengan kanker, penyakit neurodegenerative, dan aneurimaa otak.

Untuk istilah yang sering dikenal adalah kedutan, yaitu kontraksi dan relaksasi kecil yang tidak disengaja dari otot atau sekelompok otot. Istilah medis untuk kedutan adalah kontraksi dan relaksasi yang dapat terjadi di area otot manapun termasuk cari tangan kita. Aktivitas fisik, kelelahan, dan minum terlalu banyak kafein juga dapat menyebabkan atau memperburuk tangan bergerak sendiri. Berikut beberapa penyebab tangan bergerak sendiri yang mungkin tidak kamu sadari:

1. Obat-Obatan Tertentu

Kejang otot dan Kedutan bisa menjadi efek samping dari beberapa obat obatan yang mungkin kamu konsumsi, berikut beberapa obat yang dapat menyebabkan efek samping tangan bergerak sendiri:

  • Kortikosteroid.
  • Isoniazid, antibiotik.
  • Flunarizine, obat yang mengganggu pergerakan kalsium.

2. Kekurangan Magnesium

Kekurangan magnesium ternyata dapat menyebabkan kram otot, masalah satu ini jarang terjadi diantara orang sehat karena ginjal membatasi jumlah magnesium yang di ekspresikan dalam urin. Akan tetapi faktor faktor tertentu dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan kekurangan magnesium, berikut beberapa yang termasuk:

  • Gangguan penggunaan alkohol.
  • Beberapa kondisi medis.
  • Obat-obatan tertentu.

3. Kekurangan Vitamin E

Ternyata banyak orang yang mengalami kekurangan vitamin E, jika kamu kekurangan vitamin E biasanya akan mengalami tremor di tungkai atas dan batang tubuh. Berikut beberapa hal yang mungkin kamu alami ketika kekurangan vitamin E:

  • Perubahan gaya berjalan dan postur tubuh.
  • Kesulitan mengartikulasikan.
  • Penurunan kognis

4. Sindrom Fasikulasi Jinak

Seseorang yang mengalami sindrom fasikulasi jinak biasanya akan mengalami kedutan otot yang tidak sadar dan bahkan meluas. Gejala ini biasanya akan muncul selama bertahun tahun, ternyata ada hubungan antara sindrom fasikulasi jinak dan penurunan aktivitas neurologis pada serabut saraf kecil di bagian kulit serta kelenjar keringat, meskipun begitu hal ini belum ada penelitian lebih lanjut.

5. Getaran Esensial

Tremor esensial merupakan gerakan bagian tubuh yang berulang dan tidak disengaja, pada seseorang dengan tremor esensial biasanya gerakan akan terjadi dengan frekuensi dan kekuatan yang konsisten. Tremor esensial merupakan penyebab neurologis paling umum dari Tremor biasanya mereka akan terjadi pada bagian tangan.

Meskipun sering disepelekan ternyata tangan yang bergerak sendiri dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang cukup serius, mungkin hal ini juga dapat menjadi tanda bahwa kamu mengalami panik, terauma, atau stress. Tetapi kamu juga perlu tahu bahwa seseorang yang sering mengalami getaran atau tangan bergerak sendiri dapat menjadi tanda adanya masalah neurologis, untuk itu kamu juga perlu periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading