Sukses

Health

7 Penyebab Telapak Tangan Mengelupas dan Cara Melembapkannya

Fimela.com, Jakarta Telapak tangan mengelupas sangat mengganggu penampilan, dan membuat pemilik tangan menjadi tidak nyaman. Kulit pada telapak tangan yang mengelupas, membuat telapak tangan menjadi sangat sensitif ketika menyentuh benda. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Penyebab telapak tangan mengelupas secara umum adalah tangan sering digunakan untuk memegang sesuatu. Tetapi kita sering lupa melakukan perawatan pada telapak tangan. Tak hanya kulit wajah saja yang perlu dirawat. Telapak tangan memiliki lapisan kulit yang perlu dirawat dengan pelembap khusus.

Telapak tangan mengelupas bisa terjadi saat kulit kering atau terkena reaksi alergi. Kondisi ini diawali dengan gejala gatal, telapak tangan meradang dan tekstur menjadi kasar. Berikut penyebab telapak tangan mengelupas dan cara melembapkannya, dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Telapak Tangan Mengelupas

1. Kulit Kekurangan Cairan

Penyebab kulit telapak tangan mengelupas yang pertama, yaitu karena kondisi tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Tubuh dehidrasi tidak hanya menyebabkan kulit menjadi kering, karena kelembapan kulit menurun. Dehidrasi juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh dan aliran darah serta oksigen menjadi terhambat.

2. Pengaruh Bahan Kimia

Pengaruh bahan kimia atau sering menyentuh produk yang mengandung bahan kimia bisa membuat telapak tangan mengelupas. Seperti pada saat mandi, telapak tangan akan terkena sabun atau sampo yang mengandung deterjen. Saat tangan menyentuh produk skincare atau makeup, juga bisa membuat telapat tangan mengelupas. Sebaiknya pilihlah produk yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

3. Eksim

Eksim termasuk salah satu masalah kulit yang bisa menyebabkan telapak tangan mengelupas. Eksim bisa dialami pada seluruh bagian tubuh, termasuk tangan. Eksim ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kulit, kulit menjadi kering, dan kemudian mengelupas. Kondisi ini sering terjadi karena kulit mengalami reaksi alergi terhadap zat asing.

Penyebab Telapak Tangan Mengelupas

4. Sering Mencuci Tangan

Walaupun mencuci tangan adalah kebiasaan yang harus dilakukan, namun terlalu sering mencuci tangan bisa menyebabkan telapak tangan mengelupas. Sabun cuci tangan yang digunakan memiliki kandungan bahan kimia, yang dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Cucilah tangan seperlunya saja.

5. Sering Mengisap Jari

Kebiasaan sering mengisap jari bisa menyebabkan kondisi telapak tangan mengelupas. Kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari, agar kesehatan kulit jari tangan tetap terjaga. Kebiasaan mengisap jari juga bisa menyebabkan sakit pada sistem pencernaan, karena di jari tangan terdapat banyak kotoran, bakteri hingga cacing yang tidak baik untuk kesehatan.

6. Perubahan Cuaca

Faktor perubahan cuaca sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit tangan. Bagi sebagian orang, ada yang tidak tahan dengan kondisi cuaca yang terlalu dingin atau panas. Saat mengalami perubahan cuaca ekstrem, kulit akan beradaptasi, lalu mengeriput dan mengalami pengelupasan. Jika berada di cuaca dingin, kamu bisa menggunakan sarung tangan untuk melindungi telapak tangan. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap tangan saat cuaca dingin maupun panas.

7. Psoriasis

Psoriasis tidak hanya dialami pada kulit kepala. Psoriasis atau peradangan pada kulit juga bisa dialami telapak tangan dan menyebabkan kulit mengelupas. Gejala awalnya, kulit pada telapak tangan akan bersisik, kemudian terjadi penebalan kulit dan akhirnya mengelupas. Kondisi ini harus segera diatasi dan dikonsultasikan pada dokter.

Cara Melembapkan Telapak Tangan

Cara melembapkan telapak tangan yang mengelupas bisa dengan krim tangan. Tentunya krim pelembap yang digunakan tidak boleh asal-asalan, apalagi yang mengandung bahan kimia berbahaya. Selain bisa melembapkan kulit tangan dan mencegah pengelupasan kulit, krim tangan juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit tangan.

Pilihlah krim tangan yang memiliki kandungan olive oil, glycerin, shea butter dan fruit extract. Kandungan ini memiliki sifat sebagai humectant, yang bisa membantu menjaga kadar air di kulit agar tetap lembap. Rutin menggunakan krim tangan akan mengembalikan kesehatan kulit telapak tangan.

Untuk mencegah telapak tangan mengelupas, gunakan krim tangan yang tidak mengandung alkohol. Biasanya di dalam krim tangan atau hand cream ini memiliki aroma buah, floral atau vanilla yang membuat tanganmu lebih wangi. Namun jika kondisi telapak tangan tetap mengelupas, konsultasikan kondisi ini kepada dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading