Sukses

Health

5 Penyebab Vagina Nyeri yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Tentu rasa nyeri pada vagina akan membuat kita khawatir, panik, serta ketakutan. Vagina merupakan salah satu alat vital milik perempuan yang sangat sensitif, terutama jika pada area tersebut merasakan nyeri yang tak tertahankan akan membuat kita panik dan segera mengobatinya.

Pernahkah kamu mengalami rasa nyeri pada area vagina? Apa yang kamu rasakan dan alami setelahnya? Rasa nyeri dan sakit pada area vagina terkadang dapat menimbulkan beberapa penyebab dan gejala lainnya yang mungkin tidak ketahui.

Untuk masalah area vagina yang nyeri kamu perlu periksa ke dokter untuk mengetahui, penyebab, gejala, dan bahkan risikonya. Untuk itu berikut beberapa penyebab vagina nyeri yang mungkin kamu rasakan:

1. Vagina Kekeringan

Tanpa pemulasan vagina yang cukup, berhubungan seks bisa menjadi tidak nyaman dan mungkin akan terasa sangat menyakitkan. Kekeringan vagian saat berhubungan seks juga dapat meninggalkan air mata kecil atau lecet kecil pada area vagina atau di lubang vagina, selain itu hal ini terkadang dapat menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan setelah berhubungan seks sampai sembuh.

2. Menstruasi

Bagi banyak perempuan tentu pernah merasakan nyeri saat mengalami menstruasi, akan tetapi rasa sakit dan nyeri inilah yang berbeda dan membuat area bagian merasakan tidak nyaman sebelum, selama, atau setelah menstruasi berakhir. Jenis rasa sakit dan nyeri satu ini biasanya akan relative kecil dan tidak akan menghalangi sebagian perempuan dalam melakukan aktivitas.

3. Fibroid

Fibroid merupakan pertmbuhan non-kanker di rahim, seorang perempuan ternyata dapat memiliki satu atau beberapa dan tergantung pada ukuran dan penempatannya. Fibroid juga dapat memicu nyeri tumpul atau tajam saat berhubungan seks, terutama jika fibroid tubuh di dekat leher rahim atau ujung atas vagina.

4. Endometriosis

Ebndometriosis merupakan salah satu kondisi medis di mana jaringan endometrium – lapisan rahim – keluar dari rahim dan menempel pada bagian lain dari rongga panggul, seperti saluran tuba, kandung kemih, dan ovarium. Terkadang rasa sakit akibat endometriosis minimal dan hanya akan terjadi saat menstruasi tiba, selain itu hal ini juga dapat menyebabkan kram yang sangat parah.

5. Adenomiosis

Penyebab andenomiosis tidak diketahui apa saja penyebabnya akan tetapi biasanya hal ini akan menyerang perempuan yang menjelang akhir masa subur mereka dan hilang setelah menopause. Untuk masalah satu ini kamu perlu periksa ke dokter untuk mengetahui apa asaja penyebabnya dan pengobatannya.

Beberapa perempuan terkadang akan mengalami rasa nyeri di bagian vagina mereka, beberapa diantaranya dapat menjadi masalah yang serius atau mungkin dapat menjadi salah satu penyebab dari menstruasi yang kamu alami. Untuk itu jika kamu khawatir ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mengetahui penyebab dan mendapatkan perawatan yang tepat.

What's On Fimela
Loading