Sukses

Health

5 Tips Menjaga Kebersihan Organ Intim saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Menstruasi adalah salah satu proses yang paling penting dari tubuh perempuan yang membutuhkan perhatian yang tepat dan perawatan khusus untuk memastikan kesehatannya. Tidak salah untuk mengatakan bahwa selama masa mestruasi kita harus menjaga kebersihan organ intim untuk mencegah munculnya infeksi, risiko ruam, peyakit dan bahkan masalah reproduksi.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat membantumu untuk menjaga kebersihan organ intim selama fase menstruasi. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Sering Mengganti Pembalut

Pastikan untuk sering mengganti pembalut, tampon, atau cup menstruasi setelah setiap 4 hingga 6 jam. Bahkan jika aliran darah tidak terlalu banyak, darah menstruasi dapat terkontaminasi dengan organisme, oleh karena itu mengganti pembalut atau tampon secara berkala cukup penting. Ini juga membantu dalam mencegah ruam kulit.

Cuci Bersih Area Intim

Saat mengganti pembalut atau tampon, jangan lupa untuk memperhatikan pembersihan vagina secara lembut agar area dan sekitarnya tetap sehat. Menurut para ahli, tidak ada solusi khusus yang diperlukan untuk membersihkan vagina karena merupakan bagian pembersihan diri. Mencuci dengan air biasa merupakan cara yang paling baik. Ini tidak hanya membuat vagina bersih dan segar, tetapi juga menyelamatkan organ intim dari segala jenis infeksi.

Lakukan Pemberishan dengan Benar

Tidak peduli produk apa yang kamu gunakan, baik itu tampon, pembalut atau cup menstruasi, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh untuk mengurangi kemungkinan terkena infeksi vagina. Jika kamu memilih yang sekali pakai, jangan lupa untuk memeriksa apakah pembungkusnya masih utuh dan jika kamu menggunakan yang dapat digunakan kembali, sterilkan setiap kali sebelum digunakan.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Saat kamu sedang menstruasi, cobalah untuk mengenakan celana dalam berbahan katun yang benar-benar nyaman dan bersih. Celana dalam yang ketat dan tidak nyaman atau yang dibuat selain dari kain katun tidak akan membuat kulit bernapas dengan baik, menyebabkan kamu mengalami berbagai infeksi. Juga, jangan pernah memilih celana dalam yang basah karena dapat menginfeksi alat kelamin dengan bakteri atau jamur.

Perhatikan Ruam

Banyak perempuan menggunakan dua pembalut secara bersamaan untuk mengontrol aliran yang deras dan untuk mengurangi kemungkinan kebocoran. Ini dapat mengurangi ruang untuk bernafas dan bahkan mengencangkan area vagina yang dapat menyebabkan ruam dan alergi yang menyakitkan sementara keseimbangan PH vagina tidak seimbang. Cara ini juga meningkatkan kemungkinan terkena infeksi jamur dan bakteri.

Well, jangan sampai malas menjaga kebersihan organ intim, apalagi saat kamu menstruasi, ya Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading