Sukses

Health

Seberapa Cepat Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Setelah hamil apakah Mom sudah bisa kembali hamil? Bolehkah Mom hamil lagi selang beberapa bulan atau kurang dari satu tahun setelah melahirkan? 

Hamil lagi setelah melahirkan bukanlah hal yang mustahil terjadi. Sejak lama kita mengenal yang namanya kesundulan atau hamil anak kedua di waktu yang begitu cepat setelah kelahiran anak pertama. Kesundulan adalah kehamilan anak kedua kurang dari satu tahun dari lahirnya anak pertama. 

Kapan Mom Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Mengenai hamil lagi setelah melahirkan ini, jika Mom ingin segera hamil setelah melahirkan pastikan agar kehamilan ini tidak menyebabkan risiko berbahaya bagi Mom maupun janin. Setelah melahirkan secara normal, rahim membutuhkan waktu setidaknya enam minggu untuk membersihkan diri dan berovulasi. Namun, setiap tubuh memiliki waktu sendiri-sendiri untuk berovulasi. 

Setelah waktu enam minggu dan rahim sudah berovulasi, ini memungkinkan Mom untuk bisa hamil lagi. Menstruasi pertama setelah melahirkan menjadi tanda bahwa rahim Mom sudah berovulasi. Ketika Mom dan suami berhubungan intim di masa ovulasi pertama setelah melahirkan ini, besar kemungkinan Mom bisa hamil lagi. Terlebih ketika Mom memiliki kesuburan yang baik, suami memiliki kualitas sperma yang maksimal dan Mom maupun suami tidak memakai alat kontrasepsi saat melahirkan. 

Hamil lagi setelah melahirkan normal mungkin tidak akan menyebabkan risiko berbahaya. Namun, jika Mom sebelumnya melahirkan secara caesar, sebaiknya tunggu samoai 18 hingga 24 bulan lagi jika ingin hamil anak kedua. Dibandingkan melahirkan normal, melahirkan secara caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama. 

Waktu yang Direkomendasikan untuk Hamil Lagi Setelah Melahirkan

Para ahli dari US Department of Health and Human Services merekomendasikan perempuan yang ingin hamil lagi setelah melahirkan setidaknya setelah 12 bulan setelah melahirkan. Setelah 12 bulan atau satu tahun, tubuh Mom sudah pulih dengan baik dan siap untuk hamil lagi. Berbagai risiko juga bisa dicegah saat Mom hamil di waktu yang tepat. 

Melansir dari laman parents.com, kehamilan yang terlalu cepat setelah melahirkan bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, tubuh Mom belum sepenuhnya pulih dan rentan terhadap berbagai masalah kehamilan hingga risiko keguguran. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Ketika Mom merencanakan kehamilan kedua setelah melahirkan, jangan segan untuk konsultasi dengan bidan atau dokter ahlinya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading