Sukses

Parenting

Tips Menjaga Kehamilan Supaya Sehat

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan memang sangat penting, terlebih bagi seorang perempuan yang sedang mengandung. Perempuan hamil yang makan dan berolahraga secara teratur serta menjaga kehamilan dengan teratur cenderung memiliki komplikasi selama kehamilan. Mereka juga mungkin berhasil melahirkan bayi yang sehat. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kehamilan yang sehat.

Memerhatikan Nutrisi

Mengonsumsi makanan bergizi selama kehamilan terkait dengan pekembangan otak janin, berat badan janin serta dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi juga dapat mengurangi resiko anemia, serta gejala kehamilan yang berbahaya lainnya seperti kelelahan dan mual saat di pagi hari. Nutrisi yang baik dianggap membantu menyeimbangkan perubahan suasan hati dan dapat melancarkan persalinan.

Berat Badan Bertambah

Cara sederhana untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan adalah makan berbagai makanan dari masing-masing kelompok makanan yang mengandung nutrisi. Banyak wanita yang khawatir tentang berapa banyak berat badan yang akan didapatkan selama kehamilan. Jika berat bdan dalam kisaran normal sebelum hamil, disarankan untuk menambah berat badan. Penting untuk mengonsultasikan berat badan dengan dokter selama kehamilan. Rekomendasi penambah berat badan akan bervariasi untuk wanita yang kekurangan berat badan sebelum hamil.

Mengonsumsi Vitamin

Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan harus berasal dari makanan, tetapi suplemen vitamin memainkan peran penting. Namun, ini juga merupakan harus ada anjuran dari dokter, karena bagi perempuan hamil dilarang mengonsumsi obat-obatan tanpa adanya anjuran dari dokter.

Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan tidak hanya dianggap aman untuk perempuan hamil, tetapi juga dianjurkan dan dianggap bermanfaat bagi Mom dan bayi yang sedang tumbuh. Berolahraga selama 30 menit sehari terbukti membantu sirkulasi, memperkuat otot dan mengurangi stres. Namun penting untuk berbicara dengan dokter sebelum memulai program olahraga apa pun, terutama jika dalam kategori berisiko tinggi.

Mengurangi Kebiasaan Buruk

Membuat pilihan melakukan gaya hidup sehat akan berdampak pada pertumbuhan janin. Hindari mengonsumsi minuman atau makanan yang beralkohol, merokok atau mengonsumsi obat-obatan berbahaya yang dapat mengancam kesehatan Mom dan janin. Sebisa mungkin untuk menjauhi dari asap rokok, mungkin Mom tidak merokok, namun asap rokok juga dapat memengaruhi kesahtan paru-paru dan janin.

Lakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter kandungan untuk membantu memantau perkembangan dan kesehatan si kecil. Konsumsi makanan yang sehat seperti susu, keju, dan jus. Jangan konsumsi daging serta makanan laut yang dimasak setengah matang.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Ibu setelah Melahirkan
Artikel Selanjutnya
Saran Psikolog, Mengajarkan Anak agar Mampu Mengelola dan Mengekspresikan Emosi