Sukses

Parenting

8 Hal yang Tidak Harus Dilakukan saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika mengandung mungkin ada beberapa hal yang tidak harus dilakukan oleh seorang perempuan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan tetap dalam kondisi baik-baik saja. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang sedang mengandung.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Ada baiknya saat sedang mengandung untuk memerhatikan asupan makanan yang di konsumsi setiap hari. Hindari makanan makanan mentah atau yang dimasak setengah matang. Hal ini bisa menyebabkan virus toksoplasma dan salmonella masuk ke dalam tubuh dan menghambat perkambangan janin. Bahkan mungkin beresiko janin lahir cacat.

Jangan Konsumsi Kafein Berlebihan

Ini adalah stimulan dan diuretik, yang berarti mengonumsi beberapa cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kafein pada kopi tidak baik untuk metabolisme janin yang masih berkembang. Kafein tidak hanya ada pada kopi atau teh, namunjuga ada di dalam makanan seperti cokelat, soda dan obat-obatan.

Jangan Minum Obat Sembarangan

Beberapa obat dapat membahayakan janin yang sedang tumbuh di dalam perut. Sebelum mengonsumsi obat dan suplemen yang dijual bebas di pasaran, baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Hindari Pemakaian High Hills

Saat sedang mengandung hindari penggunaan high hills. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena mungkin tidak dapat menopang tubuh dengan stabil. Baiknya gunakan flat shoes yang lebih aman.

Jangan Membersihkan Kotoran Kucing

Usahakan untuk menghindari mengganti pasir kotoran kucing. Kotoran kucing dapat membawa toksoplasmosis yaitu penyakit parasit yang dapat menyerang janin jika sampai masuk ke dalam tubuh. Memintalah pada orang lain untuk membersihkan kotoran kucing.

Jangan Menghirup Asap Rokok

Merokok meupakan hal yang buruk bagi Mom dan janin. Akan tetapi asap rokok sama buruknya, bahkan lebih buruk daripada perokok aktif. Paparan asap rokok bagi perokok pasif selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, atau syndrom kematian bayi mendadak.

Hindari Minuman Beralkohol

Ketika sedang mengandung sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Alkohol dapat mengalir dengan cepat dari aliran darah melalui plasenta dan tali puasr bayi. Hal ini dapat membahayakan otak dan organ bayi yang sedang berkembang. Resiko potensial lainnya yaitu bayi lahir prematur, kerusakan otak, cacat lahir, keguguran, bahkan kematian pada bayi.

Jangan Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Selama mengandung, posisi duduk atau berdiri terlalu lama dapat menimbulkan masalah untuk kesehatan. Ini dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki. Sebaiknya cobalah istirahat sejenak, setelah berdiri cukup lama, sebaiknya duduklah dan letakkan kaki pada tempat yang agak lebih tinggi.

Beberapa hal diatas tidak boleh dilakukan oleh perempuan saat sedang mengandung. Jika hendak melakukan sesuatu yang mungkin memengaruhi janin, baiknya pertimbangkan dan jika perlu konsultasikan dengan dokter.

#Changemaker

;
Loading