Sukses

Parenting

Minum Es Teh saat Hamil, Ketahui 4 Hal Penting Ini

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, menjaga pola makan sangatlah penting. Apa yang dimakan dan diminum tak boleh sembarangan. Untuk minuman, memang yang paling aman adalah air putih biasa. Lalu, bagaimana dengan es teh? Bolehkah ibu hamil minum es teh?

Melansir Is It Safe To Drink Iced Tea During Pregnancy? via momjunction.com, minum es teh selama kehamilan boleh saja. Yang penting konsumsinya tidak berlebihan. Selain itu, disarankan untuk minum teh yang mengandung sedikit pemanis.

1. Sehari Maksimal Empat Gelas

Segala sesuatunya bila dikonsumsi berlebihan jelas kurang baik. Termasuk konsumsi es teh. Sebaiknya dalam sehari tak lebih dari empat gelas. Kandungan kafein dalam satu gelas teh berkisar antara 12 mg hingga 18 mg, tapi bisa berbeda-beda tergantung merek dan rasanya. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologist, sebaiknya konsumsi kafein tak lebih dari 200 mg per hari.

2. Bisa Memberi Efek Menyegarkan

Segelas es teh bisa bantu menyegarkan tubuh. Selain itu, minuman segar juga dapat bantu meredakan morning sickness yang cukup mengganggu pada awal kehamilan. Kandungan kafein di dalamnya juga dapat memberi energi pada tubuh. Menambahkan rasa mint, lemon, atau jahe juga dapat menambah kesegaran pada minuman.

3. Konsumsi Teh Berlebihan Menghambat Penyerapan Zat Besi

Kebanyakan konsumsi es teh dapat menghambat penyerapan zat besi. Jika proses penyerapan zat besi terhambat, maka bisa meningkatkan risiko anemia. Untuk itu, imbangi dengan minum cukup air putih dan pola makan yang sehat demi menjaga kesehatan selama kehamilan.

4. Teh Bersifat Diuretik

Teh mempunyai sifat diuretik. Sehingga bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan hilangnya kandungan garam serta mineral dari tubuh. Jadi, jika memang tidak benar-benar ingin atau butuh es teh, sebaiknya pilih air putih biasa saja.

Disarankan untuk memilih es teh yang tanpa pemanis atau mengandung sedikit pemanis. Sebaiknya hindari teh kemasan dan buat sendiri es teh untuk dikonsumsi di rumah, ya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Bayi Tertidur saat Disusui, Harus Bagaimana?
Artikel Selanjutnya
Bahan-bahan Makanan yang Diperlukan untuk MPASI si Kecil