Sukses

Parenting

Rekomendasi Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil Supaya Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Hamil bagi sebagian besar perempuan adalah sebuah harapan besar. Ketika memasuki masa kehamilan pastinya akan lebih berhati-hati untuk melakukan aktivitas. Hamil bukan berarti harus bermalas-malasan untuk berolahraga.

Justru dengan berolahraga saat hamil akan membuat tubuh lebih segar dan mendukung kesehatan janin. Melakukan olahraga ringan saat hamil juga dapat membantu mengurangi keluhan seperti sakit punggung, stres, dan mencegah terjadinya diabetes.

Tetap perhatikan jenis olahraga, pilih olahraga yang aman untuk perempuan hamil. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan ketika sedang hamil.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki, olahraga yang dapat dilakukan setiap hari untuk perempuan hamil. Berjalan kaki di pagi hari dapat membantu menyegarkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah serta dapat menghirup oksigen bersih yang bagus untuk paru-paru. Lakukan olahraga jalan kaki di sekitar rumah, hindari juga melakukan jalan kaki dengan medan yang menanjak. Sertakan pula air putih ketika melakukan jalan kaki.

Berenang

Olahraga selanjutnya yaitu berenang. Berenang menjadi olahraga yang aman untuk perempuan hamil. Olahraga ini dapat meringankan keluhan saat hamil seperti nyeri panggul dan mual. Ada baiknya menggunakan gaya berenang yang aman, supaya tidak memengaruhi kesehatan janin. Berhati-hati ketika berjalan disekitar area kolam yang mungkin lantainya licin.

Pilates

Olahraga ini hampir sama dengan yoga yang sangat direkomendasikan untuk perempuan hamil. Pilates dapat membantu merenggangkan otot pada tubuh dan mengatur pernapasan supaya lebih rileks. Ikuti kelas pilates yang didampingi oleh instruktur.

 

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang baik dilakukan untuk perempuan hamil. Olahraga ini dapat membantu otot tubuh menjadi lentur dan lebih rileks. Selain itu juga yoga dapat melatih pernapasan yang dapat membantu saat proses persalinan. Jika melakukan yoga usahakan tidak memaksa menarik otot supaya tidak mengalami cidera. 

Senam Hamil

Senam dapat dilakukan oleh Mom yang sedang hamil, namun pilih senam khusus untuk perempuan hamil. Selain mengikuti kelas senang, dapat juga dilakukan dirumah dengan melihat tutorial yang ada. Namun ada baiknya untuk mengikuti kelas senam hamil, untuk mencegah terjadinya cidera.

Masa kehamilan jangan jadikan alasan untuk bermalas-malasan. Dengan berolahraga membantu tubuh menjadi segar dan lebih siap menghadapi persalinan. Namun jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga terlalu lama, jika dirasa sudah lelah segeralah untuk istirahat.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Teknologi Sepatu Olahraga Meningkatkan Performa dan Memulihkan Energi
Artikel Selanjutnya
Kettlebell, Olahraga yang Membakar Lemak Sekaligus Membentuk Otot