Sukses

Parenting

Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Rajin Olahraga

Fimela.com, Jakarta Berbadan dua atau hamil merupakan momen yang sangat mengesankan bagi setiap perempuan. Hamil juga menjadi momen yang membuat seorang perempuan mengalami banyak perubahan. Saat hamil, para ahli menyarankan agar perempuan selalu rajin olahraga. Tidak ada alasan bagi ibu hamil untuk bermalas-malasan dan melupakan olahraga.

Melansir dari laman parenting.com, olahraga memiliki banyak manfaat buat kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan. Namun ingat, olahraga untuk ibu hamil sebaiknya adalah olahraga yang ringan dan sesuai dengan usia kehamilan. Para ahli mengungkapkan jika olahraga yang paling ringan dan bisa rutin dilakukan ibu hamil adalah jalan kaki di pagi hari.

2 dari 4 halaman

Kenapa Olahraga Penting Bagi Ibu Hamil?

Penelitian yang dilakukan di The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyebutkan jika olaharga selama kehamilan bisa membuat janin dan ibu senantiasa sehat. Olahraga seperti jalan kaki selama 30 menit setiap harinya akan bermanfaat melancarkan proses persalinan secara normal nantinya. Ini juga akan membantu stamina tubuh ibu tetap terjaga.

Olahraga seperti jalan kaki dan senam hamil juga bermanfaat mencegah risiko hipertensi, diabetes gestasional hingga komplikasi lain yang berbahaya buat kehamilan. Perempuan hamil yang rajin olahraga juga bisa memiliki sistem pencernaan yang lancar, moodnya senantiasa baik dan terhindar dari risiko nyeri punggung berlebih.

3 dari 4 halaman

Olahraga Melancarkan Proses Persalinan

Para peneliti percaya jika olahraga seperti jalan kaki di pagi hari akan memberikan asupan oksigen yang cukup buat tubuh. Jika asupan oksigen tubuh cukup, kesehatan akan terjaga. Ini juga akan membantu Mom dapatkan proses persalinan yang lebih lancar.

Oh iya Sahabat Fimela, selain jalan kaki di pagi hari, olahraga yang juga disarankan bagi ibu hamil antara lain ada berenang, senam hamil dan yoga, Ibu hamil tidak disarankan melakukan olahraga berat karena ini justru akan sangat berisiko buat kesehatan serta keselamatan ibu maupun janin di kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Pilihan Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Minum Air Kelapa Untuk Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Minum Susu Kedelai selama Hamil