Sukses

Health

7 Penyebab Haid Datang Lebih Cepat Menandakan Sedang Stres

Fimela.com, Jakarta Haid yang datang terlambat terkadang membuat kita khawatir dan panik akan tetapi, terkadang haid yang datang lebih awal atau lebih cepat dari biasanya juga akan membuat kita khawatir. Haid yang datang lebih cepat dari biasanya terkadang menandakan adanya sesuatu yang serius.

Mengetahui siklus menstruasi setiap orang berbeda, biasanya siklus haid yang khas akan berlangsung dari 21 hingga 39 hari dan akan dihabiskan untuk pendarahan bervariasi dari setiap orang. Biasanya beberapa orang akan mengalami masa hadi selama 7 hingga 14 hari.

Jika kamu memiliki siklus yang lebih pendek dari 21 hari maka akan mengalami masa haid lebih awal dari biasanya dan menjadi tanda adanya sesuatu yang mendasarinya. Berikut beberapa penyebab haid datang lebih cepat dari biasanya:

 

1. Pubertas

Pubertas biasanya akan dimulai antara usia 8 hingga 13 tahun, ini didorong oleh bahan kimia dalam tubuh yang disebut hormon reproduksi. Hormon-hormon ini biasanya akn mempengaruhi siklus menstruasi selama masa subur, dalam beberapa tahun pertama kemungkinan kamu akan mendapatan menstruasi dan mengalami hormon yang tidak teratur.

2. Perimenopause

Perimenopause adalah sebuah masa transisi menuju menopause dan biasanya akan dimulai pada pertengahan hingga akhir empat puluhan dan berlangsung sekitar empat tahun. Tingkat hormon inilah yang akan berfluktuasi liar selama waktu tersebut dan mungkin kamu tidak akan berovulasi setiap bulan.

Hal ini juga akan membuat kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur dan biasanya akan mengalami menstruasi yang lebih cepat atau lambat dari biasanya. Perimenopause juga dapat menyebabkan:

  • Periode menjadi lebih ringan atau lebih berat dari biasanya.
  • Periode yang terlewat.
  • Kekeringan vagina.

3. Latihan Intens

Olahraga yang intens ternyata dapat meyebabkan menstruasi yang tidak teratur dan menyebabkan menstruasi yang berhenti sama sekali. Seringkali kondisi satu ini berkaitan dengan seorang atlet yang selalu berlatih dalam beberapa jam, hal ini juga paling umum dalam olahraga dengan batasan berat badan. Olahraga yang kita lakukan ternyata dapat mempengaruhi menstruasi dan membakar lebih banyak kalori pada makanan.

4. Fluktuasi Berat Badan

Menstruasi awal, tidak teratur, atau terlewat biasanya dikaitkan dengan perubahan berat badan yang besar dan cepat. Hal ini biasanya akan terjadi dengan diet yang sangat ekstrem atau memiliki gangguan makanan.

5. Stres

Stres yang parah ternyata dapat menganggu kadar hormon yang kita miliki dan membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Jika kamu mengalami kecemasan atau hal traumatis, maka akan membuat hormon menjadi rusak. Stres juga dapat menyebabkan beberapa hal di bawah ini:

  • Kenaikan atau penurunan berat badan.
  • Sulit tidur.
  • Kesulitan berkonsentrasi.

6. Perubahan Rutinitas Normal

Perubahan dalam rutinitas normal ternyata dapat mempengaruhi hormon dan menyebabkan menstruasi datang lebih awal atau bahkan lambat dari biasanya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki jam kerja yang berbeda dari biasanya atau memiliki shift malam dipekerjaannya maka akan membuat ia merasakan perubahan pada riyme sirkandian. Hal inilah yang dapat mengganggu hormon tidur melatonin.

7. Obat Pengecer Darah

Mengambil pengecer darah (antikoagulan) dapat memperpanjang periode dan menyebabkan pendarahan hebat, antikoagulan juga dapat membantu mengecerkan lapisan rahim sehingga akan mengalir keluar vagina.

Jika kamu tidak mengalami gejala yang parah pada haid yang datang lebih cepat atau bahkan terlambat, maka hal ini tak perlu membuat kamu khawatir. Untuk saat ini kamu perlu menggunakan applikasi atau menuliskan masa haid, hal ini dapat mempertimbangkan pelacakan menstruasi selama beberapa hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading