Sukses

Health

Layanan Konsultasi Diet Sehat dan Aman Bersama HaloDiet

Fimela.com, Jakarta Ada banyak definisi untuk kepuasan akan diri sendiri, salah satunya berkaitan dengan proporsi tubuh. Cara untuk mengontrol tubuh agar tetap proporsional dan sehat, hal yang sering dilakukan yaitu  melalui diet. Walau begitu masih banyak orang-orang yang memiliki salah persepsi mengenai diet dan bagaimana cara melakukannya.

Dokter spesialis gizi, Shiela Stefani memberi pelurusan fakta mengenai diet dalam sebuah talkshow virtual yang diselenggarakan oleh Halodoc, Selasa (14/6). Shiela mengungkapkan bahwa sebenarnya diet merupakan hal yang harus dilakukan setiap orang, karena arti diet sendiri adalah mengatur pola makan untuk mencapai tujuan tertentu.

“Setidaknya ada satu tujuan sama untuk setiap orang, yaitu untuk sehat. Jadi diet itu wajib dilakukan setiap orang, bukan hanya orang yang mau turun berat badan, juga bukan orang yang mau menaikkan berat badan. Menjaga berat badan itu sendiri juga butuh diet,” terang Shiela.

Fakta lainnya yang diungkapkan oleh Shiela yaitu setiap pola makan atau satu jenis diet itu cocok untuk semua orang. Hal ini terjadi karena setiap orang memiliki perbedaan dalam kebutuhan nutrisi harian. Perbedaan ini ada karena adanya perbedaan perbedaan dalam fungsi orang dan kebutuhannya nutrisinya akan berbeda beda. “Misalnya ibu hamil, sedang menyusui, melakukan aktivitas yang berat seperti atlet, atau orang yang bekerja duduk santai saja di kantor menonton webinar, tentu saja kebutuhan nutrisinya akan berbeda,” jelas Shiela.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Diet

Dalam menjalankan pola hidup sehat, hal pertama yang harus diingat adalah makanan. Shiela juga membagikan apa saja yang diperhatikan dalam memilih makanan sehat, yaitu mengatur 3J (jadwal, jenis, dan jumlah). Untuk jadwal sendiri tidak harus selalu pagi-siang-malam, karena setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda. setiap jadwal bisa disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing.

Sering kali ketika makan sesuatu terpikir jumlah kalori yang dimakan dan berapa lama olahraga yang dilakukan untuk membakar kalori tersebut, nyatanya Shiela mengungkapkan dalam diet malahan mengurangi kalori bukan bagian utama. “Usahakan pola makan selalu teratur setiap harinya, dibagi menjadi makanan besar, 2-3 kali camilan. Untuk jenis makanan harus lengkap, bukan asal mengurangi kalori, namun harus memperhatikan komposisi makanan tetap lengkap,” ujar Shiela. 

Mengonsumsi suplemen ketika diet, tidak semua orang juga yang tubuhnya butuh asupan vitamin dan mineral dari suplemen. Namun, adanya faktor seperti sering begadang, tuntutan kerja yang berat terutama bagi orang-orang dengan usia produktif sehingga mereka terhalang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, saat itulah suplementasi dibutuhkan. Shiela mengatakan bahwa tidak hanya memperhatikan makanan, bergerak, cukup tidur, dan memanajemen stres juga jadi hal utama dalam menjaga pola hidup sehat.

Memulai Diet Sehat Bersama HaloDiet

Untuk mencapai proporsi tubuh yang ideal setiap perlu memahami kondisi dan kebutuhan tubuhnya terlebih dahulu. Salah satu cara yang baik untuk mengetahui kebutuhan nutrisi dan diet seperti apa yang cocok dengan tubuh adalah melakukan konsultasi kepada dokter atau ahli gizi. Langkah ini juga bisa menghindarkan dari diet yang salah sehingga memberikan efek yang merugikan pada tubuh.

Halodoc meluncurkan HaloDiet untuk membantu masyarakat untuk menjalankan diet sehat dan aman. HaloDiet menawarkan konsultasi pada ahli mengenai diet yang cocok dengan tubuh, mengingat setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi Halodoc dan melakukan pelayanan berupa chat dengan ahli gizi, paket suplemen pendukung diet sehat, hingga voucer makanan sehat.

Pentingnya menjaga proporsi tubuh, diet harus dilakukan semua orang, artinya mengatur pola makan untuk mencapai tujuan tertentu, dan diet itu bukan untuk mengurangi berat badan saja sebab, kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda. Adeline Hindarto, VP Government Relation & Corporate Affairs Halodoc, menyebutkan bahwa kehadiran dari HaloDiet ini datang dari tren masyarakat  untuk melakukan gaya hidup sehat, terutama semenjak pandemi. Dan melakukan konsultasi pada ahlinya merupakan hal yang penting demi mencapai diet dan gaya hidup sehat yang tepat.

“Kita fokus untuk menyedikan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat. Telehealth selama juga meningkat selama pandemi ini, kita juga akan meluaskan inovasi kita. Kita selalu melakukan survei apa yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Adeline.

 Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Loading