Sukses

Health

Bolehkah Ibu Hamil Trimester Pertama Naik Pesawat? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta “Jangan naik pesawat saat hamil muda. Hati-hati, naik pesawat bisa berbahaya buat keselamatan janin. Sebaiknya tunggu dulu beberapa waktu, tunda perjalanan jauh apalagi dengan pesawat saat hamil muda.” Pernah mendengar nasehat seperti ini Sahabat Fimela? 

Mengenai aktivitas naik pesawat saat hamil muda atau di trimester pertama, apakah hal ini tidak boleh dilakukan? Apakah ini bisa berpengaruh pada kesehatan dan keselamatan janin?

Naik Pesawat Saat Hamil Muda

Melansir dari laman theasianparents.com, ibu hamil muda naik pesawat sebenarnya boleh-boleh saja. Dengan catatan, ibu ini tidak memiliki keluhan apapun terkait kehamilannya. Ibu ini juga tidak memiliki risiko tinggi akan kehamilannya jika ia naik pesawat atau melakukan perjalanan jauh. 

Menurut salah seorang pendiri dan direktur medis Colorardo Center for Repductive Medicine di San Francisco bernama Salli Tazuke, ibu hamil muda yang melakukan perjalanan dengan pesawat sebenarnya baik-baik saja. Ibu hamil diperbolehkan naik pesawat selama ia tak memiliki keluhan apapun. Meski begitu, ibu hamil tetap harus mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau ahli kesehatan terkait. 

Bagaimana Tips Aman Naik Pesawat Saat Hamil?

Agar aktivitas naik pesawat tetap aman dan berjalan lancar selama hamil muda maupun hamil di trimester dua dan tiga, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Tips tersebut mulai dari konsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk naik pesawat, gunakan pakaian longgar yang nyaman selama perjalanan, konsumsi air mineral cukup selama perjalanan, konsumsi camilan yang bisa menurunkan risiko mabuk perjalanan dan hindari duduk terlalu lama di alat transportasi. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil muda naik pesawat? Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading