Sukses

Lifestyle

5 Tips Mudik dengan si Kecil Jika Naik Pesawat Terbang

Fimela.com, Jakarta Melakukan perjalanan mudik pasti menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang. Mudik mungkin mudah dilakukan jika tidak membawa anak kecil, namun bagaimana jika Moms harus membawa si kecil ikut serta selama mudik perjalanan? Jika kebetulan mudik dilakukan dengan naik pesawat, ini beberapa tips mudik dengan si kecil yang mungkin berguna untuk diikuti.

1. Cek kesehatan

Sebelum berangkat mudik, pastikan kesehatan diri sendiri dan si kecil dalam kondisi yang baik. Anak akan merasa lebih nyaman jika tidak sedang lelah, mengantuk atau sakit. Cukup tidur atau istirahat di malam sebelum mudik juga akan sangat membantu menjaga anak tidak rewel selama di perjalanan.

2. Datang lebih awal

Untuk mencegah kemacetan di jalan dan risiko keterlambatan, akan lebih baik berangkat lebih awal dari jam keberangkatan. Karena seringkali melakukan perjalanan mudik dengan anak bisa menimbulkan banyak variabel tak terduga, akan lebih baik berjaga-jaga dengan datang lebih awal di bandara.

3. Kenakan pakaian yang nyaman

Karena melakukan perjalanan jauh, sebaiknya menggunakan baju yang nyaman dipakai, tidak ketat, gerah maupun susah dilepas pakai, apalagi jika anak rentan buang air kecil. Pastikan sudah mengganti popok sebelum naik pesawat untuk balita dan pastikan sudah buang air kecil dan besar terlebih dahulu untuk anak yang sudah bisa toilet training.

4. Perhatikan tekanan udara di pesawat

Salah satu perbedaan besar melakukan mudik perjalanan menggunakan kendaraan darat dan udara adalah adanya tekanan udara. Anak pasti akan merasa tidak nyaman ketika tekanan udara ini membuat telinganya sakit dan kepalanya berat. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya orangtua memberikan minuman atau camilan selama perjalanan, sehingga bisa mencegah tekanan udara pada tubuh.

5. Pesan tiket terbang sesuai dengan jam istirahat anak

Cara ini mungkin tidak selalu berhasil, karena bisa jadi anak terbangun selama perjalanan ke bandara. Tapi akan lebih baik jika bisa memesan penerbangan yang bertepatan dengan jadwal tidur siang anak sehingga memberi peluang menjalani mudik dengan lebih tenang dan lancar. Jika tidak bisa berangkat di jam mereka biasanya tidur, cobalah menciptakan suasana hati bahagia pada anak.

Itu dia beberapa tips mudik perjalanan dengan si kecil jika naik pesawat terbang.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading